Aparat Setempat Nyatakan Kondisi Aman dan Terkendali di Lokasi Bocornya PLTMH Cirompang

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Agus Lukman

Kabupaten Garut – Jagat media sosial sempat dihebohkan dengan unggahan video yang memperlihatkan bocornya pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Cirompang yang berlokasi di Kampung Ranacateureup, Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Kejadian tersebut diketahui terjadi pada hari Senin (28/11/2023), pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan kiriman video klarifikasi yang dikirimkan oleh Camat Bungbulang, Budi Sihabudin, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bungbulang, Iptu Usep, mengatakan jika hasil penelitian tim teknis perusahaan PLTMH Cirompang, kejadian tersebut berawal dari adanya pergerakan tanah satu minggu sebelumnya, sehingga posisi pipa terjadu kemiringan dan terjadi kebocoran.

Meskipun begitu, imbuh Iptu Usep, dampak dari kejadian tersebut warga sekitar PLTMH tidak mengalami kerugian, yang ada hanya kerugian materil dari pihak perusahaan.

“Selanjutnya langkah-langkah yang dilakukan pada saat kejadian segera menutup pintu air dari penampungan air, hingga durasi yang terjadi semburan air sekitar 30 menit dan sudah kering,” ujar Iptu Asep dalam video klarifikasi berdurasi 1.45 menit yang dikirimkan Selasa malam (29/11/2022) oleh Camat Bungbulang kepada Tim Diskominfo Garut.

Kapolsek Bungbulang mengungkapkan jika saat ini kebocoran pipa air PLTMH Cirompang sedang dalam proses perbaikan. Meskipun begitu, menyatakan berdasarkan hasil penelitian bersama forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam), jika kondisi di lokasi kejadian situasinya sudah aman dan terkendali.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90