Titik Nol Cetak Sawah Desa Jiwa Baru Dibiayai Dari Dana Desa Tahap I

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata

Koran SINAR PAGI, Kab.Muara Enim,- Pemdes Jiwa Baru, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim memulai titik 0 (nol) cetak sawah yang didanai melalui Dana Desa tahap 1, dimana dalam pengerjaannya dilakukan oleh dari masyarakat desa setempat, Senin (13/04/20).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Jiwa Baru, Panji Lesmana mengatakan, pembangunan cetak sawah ini menggunakan Program Padat Karya Tunai (PKT), “Pencairan Dana Desa tahap pertama ini digunakan untuk pembangunan percetakan sawah seluas 10 hektar sawah haran, dengan harapan bisa meningkatkan ketahanan pangan di Desa Jiwa Baru ini,” ujarnya.

Menurut dia, sistem ini diharapkan mampu membuka peluang masyarakat untuk bekerja dan turut serta secara langsung dalam pembangunan di desa.

“Pembangunan melalui program Padat Karya, sesuai dengan amanat Presiden untuk melakulan pemberdayaan terhadap masyarakat desa, dengan memanfaatkan para pekerja berasal dari desa kita,” terangnya kepada koransinarpagijuara.com.

Panji berharap, pembangunan tahap I Dana Desa tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desanya, “Intinya dengan dilakukan program padat karya ini, masyarakat dapat merasakan manfaat Dana Desa secara langsung, sehingga rasa memiliki terhadap fasilitas yang dibangun akan terasa,” ujarnya.

Dikatakan juga bahwa, program Padat Karya yang dilakukan oleh Pemdes Jiwa Baru ini melibatkan unsur keluarga miskin, pengangguran, setengah pengangguran dan stunting (keluarga mal gizi).

Pelibatan ini lanjut dia, dapat memberikan penghasilan terhadap mereka melalui pemberdayaan yang dilakukan dengan menggunakan program padat karya, “Pemerintah Desa Jiwa Baru melakukan pembangunan dengan program padat karya, dengan para pekerja dari tenaga kerja lokal,” terangnya

Sebagaimana diketahui, ada 4 program prioritas Kementerian Desa yakni, Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan) atau Prudes (Produk Unggulan Desa) One Village One Product, Embung Desa, Bumdes dan Sorga Desa (Sarana Olahraga Desa).

Hadir dalam kegiatan titik 0 (nol) tersebut Camat Lubai, Edi Suprianto, Kapolsek Lubai, AKP Ahmad Bakre, Babinsa, Bjabinkamtibmas dan Ketua BPD.

Pos terkait

banner 468x60