Suparman, Calon Kades Nomor Urut 2 Berniat Wujudkan Desa Cibunar Yang Mandiri, Akuntabel, Sehat, Partisipatif dan Berkeadilan Sosial

Suparman, Calon Kades Nomor Urut 2 Berniat Wujudkan Desa Cibunar Yang Mandiri, Akuntabel, Sehat, Partisipatif dan Berkeadilan Sosial
Suparman, Calon Kades Nomor Urut 2 Berniat Wujudkan Desa Cibunar Yang Mandiri, Akuntabel, Sehat, Partisipatif dan Berkeadilan Sosial

Pewarta : Agus Lukman
Koran SINAR PAGI, Garut

Menjabat selama dua periode jadi kepala desa Cibunar Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, nama Suparman tak asing lagi khususnya bagi masyarakat di desanya. Sosoknya yang tenang dan santun membuat banyak warga menaruh simpatik terhadapnya, terbukti dengan dipercayanya dia mengemban jabatan Kepala Desa Cibunar selama dua periode.

Keberhasilan dalam pembangunan diberbagai bidang sudah dirasakan warganya, terutama dibidang pembangunan infrastruktur desa, seperti pembangun jalan desa, Jembatan, gedung pelayanan, gedung serba guna, dan saluran pengairan.

Sebelumnya Desa Cibunar merupakan daerah rawan air bersih, namun kini warga tidak lagi khawatir kekurangan air bersih karena sudah dibangun sarana air bersih (sumur Geologi) yang langsung disalurkan ke rumah warga melalui program pipanisasi.

Tidak hanya itu, Suparman pun telah berhasil membangun bidang budaya dan sosial yang direalisasikan dalam pembangunan rumah tidak layak huni, sarana pendidikan (Paud) dan sarana kesehatan Pos Yandu di tiap-tiap RW.

Semua pembangunan yang dilakukannya adalah sebagai jawaban atas janji kampanye yang dia lakukan saat mencalonkan diri jadi kepala desa periode lalu.

Dia mengakui masih banyak pembangunan yang belum terselesaikan, sehingga dirinya mencalonkan diri kembali agar bisa menuntaskan pembangunan yang masih tertunda,”Dalam Pilkades tahun ini kami mengusung visi dan misi Terwujudnya Desa Cibunar yang mandiri, akuntabel, sehat, partisipatif dan berkeadilan social,” ucapnya pada Koran Sinar Pagi, Rabu (10/05) dikediamannya.

Dalam Pilkades serentak yang akan diselenggarakan tahun ini, Suparman mengusung Visi : “Terwujudnya Suatu kondisi akhir Desa Cibunar yang mandiri, akuntabel, sehat, partisipatif dan berkeadilan sosial”.

Cibunar : Satu kesatuan wilayah dan masyarakat dengan segala potensi daya dalam kesatuan pemerintahan desa.

Mandiri : Sikap dan kondisi Desa Cibunar yang mampu memenuhi kebutuhannya lebih  maju dengan mengandalkan kemampuan mengelola berbagai potensi sumber daya dalam pembangunan perekonomian.

Akuntabel : Sikap dan kondisi Desa Cibunaryang tersusun, terencana, dan dapat dipertanggung jawabkan dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Sehat: Sikap dan kondisi Desa Cibunar yang sehat, agama, jasmani, dan sehat lingkungan.

Partisipatif : Sikap dan kondisi Desa Cibunar yang seimbang, membangun kehidupan social dan budaya dengan nilai-nilai agama dan kearifan lokal.

Keadilan sosial : Sikap dan kondisi Desa Cibunar yang memiliki kehidupan berkeadilan, tidak membeda – bedakan dalam hak dan kewajiban.

Sedangkan MISI antara lain,

1. Mengembangkan sektor ekonomi dengan peningkatan Sumber Daya manusia `dan Sumber Daya Alam berbasis pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan mengembangkan pertanian, jasa dan usaha ekonomi Produktif,

2. Meningkatkan kemampuan Aparatur Pemerintah Desa dan Lembaga Desa dengan penyelenggaraan peningkatan kapasitas yang terukur,

3. Meningkatkan kinerja aparatur berbasis kompetensi melalui penguasaan informasi dan teknologi,

4. Meningkatkan kualitas hidup hal layak banyak dengan memprioritaskan pembangunan infrastuktur kebutuhan dasar, baik pendidikan agama dan pendidikan formal serta pembangunan infrastuktur dasar kesehatan,

5. Mengoptimalkan sumber daya Pemerintahan Desa, lembaga dan masyarakat dalam pembangunan,

6. Meningkatkan kehidupan berkeadilan sosial dengan menjaga kearifan lokal dan budaya tanpa membeda bedakanjenis, budaya dan kekurangan (disabilitas), pungkas Suparman

(99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *