essay addicted to technology how to cite a quotation in a paper 3rd grade essay outline physics homework solution pro and cons essay topics what does a mla research paper look like

Disdukcapil Kota Sukabumi Targetkan 98 % Warga Kota Sukabumi Sudah Memiliki KTP Tahun 2016

Pewarta : Sony Syahrani
Koran SINAR PAGI, Sukabumi

Kadisdukcasip Kota Sukabumi
Kadisdukcasip Kota Sukabumi, Iskandar,S.Ip.,MT

Kepemilikan Kartu Tanda Penduduk bagi warga masyarakat yang telah menginjak usia 17 Tahun ke atas adalah sebuah keharusan, data diri warga akan tercatat pada Server Administrasi Kependudukan Nasional.

Salah satu upaya untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam mencatat target tersebut, seperti dikatakan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar,S.IP, M.T diantaranya ditempuh melalui Program Jempol (Jemput Bola) pelayanan pembuatan KTP, Dengan melibatkan aparat wilayah Kecamatan dan Kelurahan serta Para Ketua RW dan Ketua RT se-Kota Sukabumi, khususnya dalam melakukan sosialisasi program tersebut, kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing, demikian diungkapkan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi kepada Wartawan Koran Sinar Pagi di ruang kerjanya.

Dikatakan pula, Program Jempol Pelayanan Pembuatan KTP ini, sasarannya adalah Pelajar yang telah menginjak usia 17 Tahun, serta Karyawan Pabrik dan Lansia (Lanjut Usia) Atau Jempol Aki Nini, dengan didatangi langsung oleh petugas disdukcapil Kota Sukabumi ke tempatnya masing – masing, untuk melakukan pemotretan, sidik Jari dan tandatangan, serta perekaman retina untuk para lansia, tanpa dipungut biaya alias Gratis, berdasarkan Undang-undang No 24 Tahun 2013, yakni semua dokumen kependudukan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil semuanya Gratis.

Lebih lanjut, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi menjelaskan, melalui Program Jempol ini, dalam setiap harinya dapat menyelesaikan pendataan sebanyak 600 KTP. Sedangkan bila melalui prosedur di Kantor Disdukcapil, tingkat penyelesaiannya paling banyak hanya 300 KTP,”Melalui program jempol ini proses perekaman data dari mulai pemotretan, sidik Jari, dan tanda tangan lebih cepat, serta lebih efektif dan efisien, karena warga tidak perlu repot mendatangi Kantor kecamatan, katanya lagi.

Menyinggung tingkat kepemilikan Kartu Keluarga, 91.617 KK (Kepala Keluarga), dari jumlah keseluruhan 93.140 KK warga masyarakat se-Kota Sukabumi, yang harus memiliki Kartu tersebut, Atau hanya sekitar 1.433 KK lagi. ”Demikian pula untuk kepemilikan Akta Kelahiran dan Akta Kematian warga Kota Sukabumi belum mencapai 100 persen,”Untuk meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan ini, kami Akan melibatkan Para Ketua RT dan Ketua RW untuk menggalakkan sosialisasi,“ ungkapnya.

Selain lebih cepat dalam proses perekaman data KTP, Program Jempol juga memiliki keunggulan lain yakni dapat mengikis habis Percaloan. Dengan adanya program ini Kata Iskandar, ruang gerak Para calo Makin dipersempit dan lama kelamaan Akan mati langkah. “Bagi kami Program Jempol ini sangat Efektif dan memiliki keunggulan menutup ruang gerak Para calo,“ pungkasnya.

(38)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *