Anda Tipe Yang Mana

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh Dudung Nurullah Koswara
(Praktisi Pendidikan)

Dr. KH Syaiful Karim mengatakan, “Orang yang berpikiran kuat yang dipikirkan selalu ide, gagasan yang membuat segala sesuatu berubah lebih baik”.

Orang yang selalu berpikir gagasan, ide untuk sebuah perbaikan sangat berbeda dengan orang yang cenderung membicarakan hal negatif orang lain.

Orang baik berpikir bagaimana memajukan sesuatu. Tidak berpikir untuk dirinya dan dirinya sudah menjadi milik orang lain. Ia telah hadir untuk orang lain, bukan menuntut orang lain.

Orang yang pikirannya tumbuh positif menurut Jenderal Dudung Abdurachman hampir tak pernah membicarakan hal negatif orang lain. Orang seperti ini akan tumbuh lebih baik.

Bisa jadi pikiran ibarat jenis makhluk dengan kesukaan tertentu. Ada makhluk yang suka A dan tak suka B. Bisa jadi ada makhluk pemakan bangkai, ada pula pemakan buah buahan.

Apakah pikiran kita “pemakan” bangkai atau buah-buahan? Semua yang kita makan menjelaskan siapa kita. Semua yang kita pikirkan menjelaskan level dan kelas kemanusiaan kita.

Apakah kita tipe orang yang suka mengembangkan ide, gagasan atau suudhon dan banyak menuntut semesta atau orang lain?

Sesungguhnya *setiap manusia adalah utusan Tuhan* Kita adalah utusan Tuhan, artinya kita harus menjadi kepanjangan Tuhan bagi semesta. Bukan menjadi penuntut semesta.

Matahari bersinar, bulan dan udara memberi. Mereka pun memberi, bukan menuntut. Kita? Inovatif, produktif memberi atau menuntut dan menuntut pada semesta dan sesama?

Tuhan itu maha memberi bukan maha menuntut. Mari menduplikasi sifat Tuhan untuk belajar memberi. Bukan malah menambah masalah bagi semesta dan sesama manusia.

Lebih sederhana lagi. Anda tipe menyebarkan aib sesama atau menutupinya seperti Tuhan? Atau seperti Si Gerandong? Saat orang lain berprestasi iri. Saat orang lain salah menari nari?

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90