Rumah Generasi Ngopi Bareng Bersama Perwakilan Komnas HAM dan Insan Media

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta – Roy P

Kota Ambon – Lembaga Rumah Generasi dan Komnas HAM ngopi bareng dalam rangka kampanye anti kekerasan terhadap kaum perempuan, Kamis (08/12/2022) bertempat di salah satu cafe di kawasan Ponogoro Urimeseng.

Turut hadir Plt Ketua Komnas HAM Perwakilan Maluku, Djuliyati Toisuta, Jemmy Talakua, Koordinator Program Inklusif di rumah generasi, dan awak media.

Menurut Toisuta, tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka kampanye 16 hari, yakni kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, yang akan berlangsung sejak tanggal 25 November 2022 untuk menyambut Hari Internasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di seluruh dunia.

Sementata Jemmy Talakua, Kordinator Program Inklusif di rumah generasi mengatakan bahwa data angka kekerasan terhadap perempuan dan anank mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

“Benar kasus itu meningkat, kekerasan terhadap perempuan dan anak kita sebut sebagai fenomena gunung es, kasus yang muncul kepermukaan sedikit, padahal sebenarnya keadaan sesungguhnya itu berat,” ucapnya.

Menurut Talakua, meningkatnya angka tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan disebabkan orang semakin sadar untuk menggunakan layanan pengaduan penanganan kasus yang tersedia.

“Kalau dulu masyarakat masih malu – malu atau takut dan bingung untuk melaporkan kejadian kekerasan yang dialami, tapi sekarang ini orang sudah mulai berani untuk melaporkan, karena adanya layanan tersebut, dan faham kasus kekerasan harus dilaporkan,” tambahnya.

Dikatakan, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri, harus banyak pihak yang terlibat aktif dan salah satu langkah adalah dengan mengedukasi masyarakat melalui sosialisasi tentang hak asasi manusia dan kesetaraan keadilan bahwa semua orang sama kedudukannya setara baik laki maupun perempuan,

“Menurut saya memang diadakan edukasi, di semua tempat baik sekolah maupun lewat institusi – institusi agama, atau juga organisasi pemuda,” ujarnya.

Disebutkan, harus ada tema tertentu yang berkaitan dengan kesetaraan, keadilan, tentang kekerasan terhadap perempuan dan anak untuk di kampanyekan.

“Kita berharap ada kesadaran dari masyarakat dan ketegasan dari pemerintah serta aparat penegak hukum dalam penerapan hukumnya, untuk memastikan keadilan bagi pelapor atau korban dan pelaku mendapat ganjaran sesuai dengan perbuatannya agar menimbulkan efek jera,” tutupnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90