5 Ton Beras & Rp.132 Juta Dari 17000 Santri di BKPRMI Kabupaten Bandung Untuk Cianjur

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin
Koran Sinar Pagi (Kabupaten Bandung)-, DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia / BKPRMI Kabupaten Bandung membentuk Satgas Tanggap Darurat Bencana Cianjur. Posko yang didirikan hingga saat ini telah menampung sekitar 5 Ton beras dan uang tunai sekitar Rp. 132 juta. Bantuan tersebut akan mulai disalurkan besok oleh panitia dan relawan ke lokasi bencana di Cianjur.

Ketua BKPRMI Kabupaten Bandung, H. Cecep Irfan Hilmi S.Pd.I menjelaskan hasil rapat panitia dan satgas tanggap darurat bencana Cianjur hingga saat ini terhimpun 5 Ton beras dan uang Rp.132 juta. Bantuan tersebut terkumpul dari santri TPA TKA, TAAM dan lembaga pendidikan yang dikelola BKPRMI Kabupaten Bandung. Kedepannya BKPRMI Kabupaten Bandung akan mengarahkan untuk merutinkan agar para santri berinfaq setiap jum’at.

“Ini adalah gerakan DPD BKPRMI Kabupaten Bandung yang digalang dari santri TPA, TKA, TAAM yang terkumpul selama 2 hari dan besok akan dikirim berupa logistik tanggap darurat. Selanjutnya uang yang terkumpul akan disalurkan ke 30 gedung TKA/TPA yang hancur, penyalurannya bertahap ke 1, ke 2, 3 dan berlanjut. Nantinya panitia juga akan berupaya melanjutkan mengumpulkan satu telur, 1 cangkir beras, mie instan, dan uang Rp. 2 ribu yang akan dirutinkan setiap jum’at dari para santri di BKPRMI”

Menurutnya total santri yang terlibat sekitar 17-20 ribu lebih dari sebanyak 300 unit TKA/TPA TAAM atau lembaga pendidikan. Melalui kegiatan itu ditanamkan supaya para santri terbiasa untuk sodaqoh. Panitia dan satgas akan menyalurkan semuanya, sedangkan biaya oprasional akan ditanggung para pengurus BKPRMI.

“Kegiatan ini kalau sudah rutin, nantinya kita sudah terbiasa untuk langsung bergerak tanpa harus menunggu sumbangan. Melalui infaq rutin yang digulirkan, maka BKPRMI akan punya cadangan bantuan untuk disalurkan kepada yang sifatnya darurat,”ungkapnya

Bendahara Umum BKPRMI Kabupaten Bandung, Abi Dadang Sihabudin Latif saat rapat tersebut mengungkapkan melihat dari sejarah nabi hijrah ke Madinah dan negera Jepang yang sempat hancur di bom. Pada saat perang dunia ke 2, dari bom atom yang dijatuhkan ke Nagasaki dan Hiroshima. Dari sejarah itu ada pesan untuk segera membangun lembaga pendidikan atau masjid. Maka guru yang masih ada harus segera diberdayakan membangun wilayahnya. Dan pendirian lembaga pendidikan atau fasilitas masjid harus menjadi prioritas untuk segara dibangun atau diperbaiki. Sebagai upaya pemulihan kondisi masyarakatnya dan generasi kedepannya, seperti yang dicontohkan rosululloh saat awal membangun Madinah. Apalagi pemerintah saat ini berjanji akan membangun rumah penduduk korban gempanya, maka BKPRMI akan berupaya membangun lembaga pendidikan dan masjidnya.

“Kami juga akan melaporkan secara tertulis kepada panitia dan donatur perihal dana dan penyalurannya. Pantia juga berkomitmen menjaga akuntablitas dan transparansi dalam menyalurkan semua bantuan itu. Sedangkan biaya dan kebutuhan oprasionalnya disepakati akan ditanggung oleh pengurus BKPRMI,”ucapnya

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh H. Abdul Rouf S.Pd.I , Sekertaris DPD BKPRMI Kabupaten Bandung dan diakhiri dengan doa bersama. “Semoga maksud atau tujuan BKPRMI untuk membantu orang banyak yang terkena musibah dalam prosesnya dimudahkan dan diridhoi Alloh. Setiap amal yang dilaksanakan diterima Alloh SWT dan menjadikan kebaikan di dunia dan Akhirat”

informasi yang berhasil dihimpun jurnalis koransinarpagijuara.com, BKPRMI juga menyiapkan tim medis untuk layanan kesehatan dan relawan untuk Trauma healing atau suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu setelah terjadi bencana.

Saat ini bantuan yang dikumpulkan dijaga langsung oleh komandan Brimasda Kabupaten Bandung, Asep Nugraha di Gedung Ormas Soreang. Dan sebelumnya dari pesantren yang berada di Cianjur sempat menjemput langsung bantuannya untuk segera disalurkan karena sangat membutuhkan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90