Menelusuri Kuatnya Motivasi Abadi Sang Putri Inspirasi Peraih Rp.20 Juta

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi-Dila
Koran SINAR PAGI (Jakarta)-, Perjalanan menjadi Putri Inspirasi tidaklah mudah, ada beberapa tahap yang harus dilalui peserta dalam ajang Putri Inspirasi ini. Peserta yang tentunya telah menginspirasi lingkungan sekitarnya jauh sebelum menjadi peserta, berprestasi, aktivis organisasi, berwawasan, berjiwa sosial tinggi, memiliki kedekatan dengan masyarakat dikehidupan sosial, serta memiliki potensi diri yang bisa dikembangkan.
Mari kita simak wawancara eksklusif media cetak & online Koran SINAR PAGI bersama sang juara dari program Putri Inspirasi.

Kamailiya Ulfah yang kerap disapa Fafa merupakan mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya dan anggota Ikatan Pelajar Putra Putri Nahdlatul Ulama/ IPNU IPPNU Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Ayahnya seorang petani, ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Keadaan tersebut bukan jadi penghalang bagi gadis gemar membaca dan menulis ini untuk mengarungi luasnya dunia.

Menurut Mba Fafa seberapa pentingkah sebuah prestasi?
Memiliki sebuah prestasi memang menjadi impian bagi setiap orang. Impian merupakan hal penting untuk mewujudkan diri yang otentik dan pantas sebagai makhluk Allah SWT yang mulia. Tak ada perubahan tanpa diawali sebuah impian, dan tak ada impian tanpa diawali sebuah perubahan. Impian terjadi karena memiliki harapan, dan harapan itulah yang mendorong saya mencapai kesuksesan dimasa depan. Saya percaya bahwa bukan seberapa banyak prestasi yang kita punya dan kita dapat, tetapi apa yang kita gunakan dengan prestasi kita untuk bermanfaat bagi sesama. Berprestasi saya anggap salah satu hal penting, karena dengan prestasi kita bisa memberikan motivasi dan menginpirasi orang lain. Dalam ajang Woobiz Putri Inspirasi 2020 saya membuka pintu kesempatan, harapan, serta mengembangkan impian yang saya punya.

Pastinya di ajang putri inspirasi ada perjuangan panjang, lalu bagaimana agar kita tetap bisa mengkondisikan diri dan menghadapi segala permasalahan?
Berharap menjadi seorang pemenang itu wajar karena memang fitrah kita sebagai seorang manusia. Tapi menggebu-gebu, berharap berlebih akan hal tersebut membuat kita lalai bahwa harapan terbesar seharusnya ditempatkan kepada Sang Pencipta. Serahkan semua kepada-Nya. Jangan lupa, kalau kita ada masalah, tetap sempatkan untuk menolong orang lain juga, entah itu apapun, sekecil dan sebesar apapun. Dari situ Insya Allah permasalahan yang kita hadapi akan dipermudah.

Selain menjadi Putri Inspirasi 2020, prestasi apa saja yang pernah diraih?
Terhitung dari bulan September 2019, saya menjadi salah satu Finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 32 di Bali dalam bidang kewirausahaan, menjadi Asisten Dosen Parasitologi 2020 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, mengikuti dan menjadi finalis dibeberapa Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN). Saat ini, alhamdulillah proposal saya didanai oleh Direktorat Kemahasiswaan, Ditjen Belmawa, Kementrian Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi (RISTEK DIKTI) di Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) serta Program Holistik dan Pembinaan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2020.

Apa yang Mba Fafa gunakan dengan hadiah Putri Inspirasi 2020?..
Karena ini hadiahnya dalam bentuk beasiswa senilai 20 juta, Insya Allah saya gunakan untuk mengikuti kegiatan belajar di luar negeri, atau mengikuti tes di International English Language Testing System (IELTS) atau beberapa kursus bahasa inggris seperti Test Of English as a Foreign Language (TOEFL) untuk menambah kemampuan bahasa saya.

Harapan Mba Fafa kedepan seperti apa?
Mewujudkan visi dan misi hidup yaitu khoirunnasi anfa’uhum linnas, bisa bermanfaat untuk orang lain dengan cara social project dan social community, seperti kegiatan berbagi dan sebagainya. Selain itu seorang Putri Inspirasi diharuskan memiliki communication skill yang bagus untuk dapat mempengaruhi orang lain ke arah yang lebih positif dan konstruktif.

Pesan-pesan dari sang putri inspirasi untuk generasi muda?
Idealnya bisa memberikan kontribusi nyata untuk bangsa dan negara. Berfikir kritis, kreatif, dan inovatif. Tetap solid juga. Jangan menunggu sempurna untuk menjadi seorang yang menginspirasi, karena hal kecil yang kita lakukan bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90