Iedul Adha 1437 H, Siswa SMAN I Kota Sukabumi Potong 30 Ekor Domba

Pewarta : Avenk
Koran SINAR PAGI, Sukabumi

H.Undang Supriatna,S.Pd.,MM.Pd.
H.Undang Supriatna,S.Pd.,MM.Pd.

Dalam rangka pengenalan siswa terhadap proses dan tahapan tata cara berqurban sesuai yang tertuang dalam ajaran Agama Islam, hari ini Selasa (13/09), 33 kelas dari 45 kelas yang ada di SMAN I kota Sukabumi, mulai dari kelas X hingga kelas XII melakukan pemotongan 30 ekor domba yang didanai dari hasil urunan para siswa masing – masing kelas.

Menurut Ketua Pelaksana Pelatihan Berqurban, H.Undang Supriatna, S.Pd.,M.MPd., anjuran sekolah agar setiap kelas menyediakan satu ekor domba, ternyata hanya dipenuhi oleh 33 kelas, sementara sisanya karena berbagai alasan tidak menyediakannya.

Diungkapkan Undang, maksud dan tujuan dari kegiatan yang sudah dilakukan dalam 2 (dua) kali iedul adha ini adalah, disamping memperkenalkan tata cara berqurban yang benar, juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap sesama yang kurang beruntung, sehingga rasa belas kasih nya akan tumbuh,”ungkapnya.

Dalam kegiatan ini lanjutnya, siswa diajarkan proses berqurban, mulai dari pemilihan hewan qurban, ijab kobul, penyembelihan hingga proses pembagiannya kepada masyarakat yang berhak menerimanya,”8 bungkus daging qurban dari masing – masing kelas akan dibagikan kepada masyarakat sekitar,” jelasnya.

Undang mengaku terharu, dengan yang terjadi dikelas XII Ips 4, dimana dirinya menjadi wali kelas,”Walaupun judulnya pelatihan tata cara berqurban, namun atas kesepakatan walikelas dan semua siswa, domba yang diqurbankan diatasnamakan untuk salah satu siswa yatim,” ucapnya.

Haris, salah satu siswa, mengaku sangat terbantu dengan kegiatan tersebut, pasalnya menurut ia tidak semua siswa sudah mengetahui tata cara berqurban,”Melalui kegiatan ini kita bisa melihat langsung dan melakukan qurban secara riil,” katanya.

(8)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *