Gubernur Jabar Serahkan Bantuan Untuk Korban Bajir di Kota Sukabumi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Arief

Kota Sukabumi – Gubernur Jawa Barat, H.M Ridwal Kamil meninjau lokasi bencana banjir di Kelurahan Jaya Raksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Sabtu (19/02/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil berdialog langsung dengan warga terdampak bencana banjir, menanyakan kronologis saat banjir yang terjadi pada Kamis (17/2/2022) lalu.

Kedatangan Kang Emil bersama denga Kapolda Jabar, Irjen Pol, Drs.Suntana didampingi Walikota Sukabumi, H.Achmad Fahmi, disambut warga yang antusias meminta bantuan kepada Gubernur untuk penanganan pasca bencana.

“Saya bersama Pak Kapolda harus melihat langsung permasalahan banjir, banyak rumah yang rusak berat. Kondisi tanggap darurat saya titipkan ke Pak Wali nanti akan dibantu jajaran BPBD, TNI dan Polri,” kata Kang Emil di lokasi bencana, Sabtu (19/2/202).

Untuk penanganan rehabilitasi pembangunan rumah akibat bencana banjir, Kang Emil mengatakan, pihaknya sedang menghitung bersama aparat terkait setempat.

Pada kunjungan itu Kang Emil menyerahkan bantuan senilai Rp.1,5 Miliar, ditambab bantuan dari Zakat Rp.500 juta.

“Bantuan dari Pemprov Jabar totalnya ada Rp.2 miliar saya hitung untuk biaya membangun rumah yang rusak, kayaknya memadai tinggal diatur saja oleh Pak Wali,” kata Gubernur.

Kepada warga masyarakat Kota Sukabumi, Gubernur juga mengimbau tentang kewaspadaan siaga bencana, berdasarkan prakiraan dari BMKG, cuaca ekstrem masih akan terjadi pada Maret 2022.

Dia meminta warga harus peka terhadap lingkungan jangan sampai musibah bencana terjadi akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

“Jaga-jaga, jangan sampai terulang lagi kejadian serupa. Saya tititpkan ke Pak Wali, tim keamanan dari masing-masing wilayah harus waspada apalagi kemarin ada korban jiwa. Semoga tidak terulang dan saya turut berduka cita, dengan kehadiran kami bisa menyemangati korban yang sedih karena harta bendanya hancur,” ungkapnya.

Mendampingi Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, di Kelurahan Jaya Raksa ada 3 (tiga) RW yang terdampak banjir, dengan 696 KK, 1.670 jiwa, 46 rumah rusak berat, kemudian 38 rusak sedang dan 146 rusak ringan.

Fahmi juga berharap kedatangan Gubernur dan Kapolda bisa ikut memotivasi wargnya. “Alhamdulillah warga bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh Pak Gubernur,” kata Fahmi

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90