Selamat Jalan Kustiwa Benoputra

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Dewan Penasehat PGRI)

Saat Saya melantik pengurus PGRI Jawa Barat periode 2019 – 2024 terpilihlah para pengurus terbaik. Diantara pengurus PGRI Jawa Barat yang Saya lantik ada sosok yang sangat Saya kenal baik, yakni Drs.H.Kustiwa Benoputra,M.Pd. Saya bersaksi beliau adalah sosok yang sangat baik dan dedikatif di organisasi PGRI dan pribadi yang rendah hati.

Kini Beliau dipanggil Ilahi. Sosok yang ramah, bersih hati dan selalu tampil sederhana. Namun dibalik kesederhanaan Kustiwa Benoputra selalu terlihat cakep dan gagah. Kustiwa Benoputra adalah pribadi yang sangat calm dan ramah.

Ia selalu memberi suasana sejuk dan adem bagi organisasi PGRI. Saya mengenal beliau diantara pengurus PGRI terbaik di Jawa Barat.

Ada hal yang masih Saya ingat saat Beliau bercanda. Sambil memeluk dan mencubit pipi Saya. Ia berkata, “Anak bandel”. Cubitan ini sangat bermakna dan menjelaskan kasih sayang seorang senior pada guru muda seperti Saya.

Ia nampak memahami bahwa pengurus PGRI pun ada yang “lebay” atau “bandel” seperti Saya. Terutama pengurus PGRI Kota Sukabumi dianggapnya sebagian pengurusnya pada narcis.

Selamat jalan pejuang martabat guru, pejuang organisasi PGRI yang dedikatif dan teladan. Semoga para pengurus PGRI khususnya di Jawa Barat bisa mengambil keteladanan dari sosok Almarhum Kustiwa Benoputra. Sebagai sahabat, sebagai junior, sebagai sesama pejuang martabat guru dan organisasi doa tulus untuk almarhum semoga Allah menerima amal baik dan menempatkannya di Surga terbaik.

(44)