Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan & Anggota DPRD Kab.Sukabumi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Ajid Alfaro

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- DPRD Kab.Sukabumi menggelar Rapat Paripurna pengucapan sumpah dan janji Pimpinan DPRD Definitif dan anggota DPRD Kab.Sukabumi masa jabatan 2019 – 2024, Selasa (24/09/2019) Pkl.13:30 wib di ruang paripurna DPRD Kab.Sukabumi.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Cibadak Kab.Sukabumi Mateus Sukusno Aji,SH.,MHum.

Terdapat 4 pimpinan telah ditetapkan, di antaranya 1. Kursi Ketua DPRD dijabat oleh Yudha Sukmagara dari Partai Gerindra, 2. Wakil Ketua I Budi Azhar Mutawali dari Partai Golkar, 3. Wakil Ketua II M Sodikin dari PKS, 4. Wakil Ketua III Yudi Suryadikrama dari PDI Perjuangan.

Turut hadir dalam acara tersebut. Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami dan jajarannya, Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri, Ketua DPRD definitif Yudha Sukmanagara dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Sukabumi dan tamu undangan lainnya.

“Pemerintah Kab.Sukabumi serta masyarakat Kab.Sukabumi, mengucapapkan selamat atas dilantiknya pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024, sesuai dengan ketentuan pasal 2 peraturan pemerintah no 12 tahun 2018,” ucap Bupati Sukabumi,H Marwan Hamami saat memberi sambutan.

Pimpinan dan Anggota DPRD Kab.Sukabumi, diambil sumpah dan janji hari ini.

DPRD Provinsi, Kabupaten mempunyai fungsi pembentukan Peraturan Daerah, anggaran dan pengawasan, dalam implementasi ketiga fungsi tersebut. kami berharap hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD dapat terjalin dengan baik, harmonis, sinergi dan saling memahami, tambah Marwan.

Disebutkan, pemerintah daerah dan DPRD harus saling mendukung dan bekerja sama dalam membangun dan memajukan daerah untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat terutama dalam implementasi fungsi pemerintah perda dan fungsi anggaran 209 ini kita harus memyelesaikan beberapa agenda yang telah di tetapkan dalam Propemperda 2019 yaitu pembahasan Raperda APBDP 2019, APBD 2020 serta beberapa Raperda lainnya.

Berdasarkan ketentuan pasal 5 Undang -Undang nomor 23 tahun 2014, pemerintah daerah terdiri atas kepala daerah dan DPRD di bantu oleh perangkat daerah.

Hal ini berarti DPRD Kab.Sukabumi merupakan mitra kerja dan berkedudukan sejajar dengan Pemerintah Daerah Kab.Sukabumi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam azas otonomi dan tugas pembantuan, oleh karena itu diperlukan kondisi yang selaras dan serasi dalm hbungan kerja antara Legislatif dan eksekutif sebagai pemegang dan amanat masyarakat.

“Dengan demikian dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi baik eksekutif dan Legislatif pada hakekatnya merupakan perwujudan aspirasi masyarakat, yang di implementasikan dalam kegiatan pembangunan secara bertahap,” tutupnya

Sementara Ketua DPRD Definitif Kab.Sukabumi saat diwawancarai oleh awak media koran sinar pagi.com mengatakan,”Pastinya kita langsung bekerja dan besok kita akan melaksanakan rapat gabungan,” ujar Yudha.

Yudha menjelaskan, pihaknya ingin melakukan percepatan, karena diakhir bulan ini harus sudah rampung agar bisa ketok palu mengenai anggaran perubahan 2019.

“Jadi kita akan kebut, karena sekarang ini sudah full time. Empat pimpinan dewan definitif ini saya rasa sudah ingin cepat bekerja supaya masyarakat bisa merasakan kinerja dari anggota DPRD Kab. Sukabumi,” tegasnya.

Masih kata Yudha, bahwa yang menjadi skala prioritas hari ini adalah akan melakukan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat, juga mencoba untuk melihat hal-hal apa yang penting yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Kemarin saya baru saja turun road show ke lapangan perihal mengenai dampak pembangunan double track yang memang ada beberapa penggusuran terhadap beberapa sekolah-sekolah dasar yang ada di Cibadak,” terangnya.

Yudha berharap, dalam hal ini tidak ada permasalahan, supaya para siswa tidak sampai berhenti sekolah pada masa pembangunan.

“Jadi kita harus persiapkan dari awal. Preventif, jangan sampai kita bekerja hanya ada masalah saja. Jadi kita ingin mengakomodir apa yang diharapkan masyarakat. Kita ingin bekerja cepat dan kerja nyata untuk masyarakat,” tandasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90