Diduga Tidak Kantongi Izin Mendirikan Bangunan, Gawat Minta Sat POL PP Segera Tutup Puskesmas Cibiuk

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Agus Lukman

Kabupaten Garut – Diduga tidak mengantongi izin, Gawat (Garda Wartawan Kuat) Garut meminta Sat POL PP segera menutup Puskesmas Cibiuk, hal tersebut diungkapkan Ketua Gawat, Heru Sugiman usai beraudensi dengan Komisi 4 di Gedung DPRD Kab.Garut, Kamis (23/06/2022).

Heru menambahkan, Pemda Garut tidak boleh standar ganda dalam menerapkan aturan dan seharus nya memberikan contoh kepatuhan terhadap aturan bukan malah sebaliknya.

Dalam audensi pada hari Kamis (23/6 2022) lalu di ruang Komisi 4 terungkap bahwa Gedung Puskesmas Cibiuk yang dibangun dilahan sewa Carik Desa Cibiuk Kaler belum memiliki izin mendirikan bangunan dan tidak memiliki Izin analisa dampak lingkungan juga analisa dampak lalu lintas.

Yang jadi pertanyaan apakah proyek pemerintah boleh di bangun di atas lahan yang statusnya sewaan ? bagaimana status hukumnya sebagai aset pemerintah ?.

Diakui Yodi, Kabid SDK yang didampingi Kabid Yan Mas, Rita Sobariah sebagai perwakilan Dinkes Garut, jika Puskesmas Cibiuk saat ini berdiri di atas lahan sewa dan proses tukar gulingnya sedang dalam proses serta belum memiliki perijinan karena masih proses tukar guling.

Sementara itu Kasi Pengelolaan Asset Desa DPMD Garut, Herna Sunarya mengatakan, pihaknya selama ini belum menerima ajuan administrasi mengenai tukar guling Tanah Carik Desa Cibiuk tersebut untuk diajukan ke pihak Bupati dan Gubernur agar memperoleh ijin.

Dilain pihak Kasi Trantrib, Kec.Cibiuk, Dayat H. mengatakan, pihak desa yang diketahuinya sudah menyampai surat permohonan tersebut ke Bupati melalui DPMD, tapi entah mengapa surat tersebut tidak sampai ke di DPMD.

Sementara itu Ketua BPD Cibiuk Kaler, H.Suryana memberikan testimoni ada oknum ASN yang mengutip uang hasil penjualan tanah tukar guling dari dirinya dan jumlahnya sangat besar dengan alasan untuk ini dan itu.

Dari audensi tersebut ada beberapa point penting yang di muat di berita acara antara lain Tanah yang di pakai oleh Puskesmas Cibiuk masih status sewa menyewa, tukar guling tanah antara Pemerintah Desa Cibiuk dan Pemda Garut masih dalam proses, sementara bangunan Puskesmas sudah berdiri dan beroprasi.

Satpol PP sebagai petugas PPNS diminta untuk segera mengambil langkah tegas sesuai ketentuan dan per UU yang berlaku, selanjutnya Inspektorat diminta untuk segera menindaklanjuti terkait berbagai pelanggaran administrasi yang terjadi yang dapat menimbulkan kerugian keuangan negara sebagai pungsi pengawasan internal.

Disampaikan Heru dalam waktu dekat pihaknya akan membuat surat ke Satpol PP dan ke aparat hukum sebagai tindak lanjut hasil audensi tersebut.

Sampai berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari Sekda Garut, Nurdin Yana.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90