Luar Biasa, Dampak Sosial Yang Timbul Akibat Wabah Virus Corona

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Avenk

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Pandemi corona yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir, tidak hanya mengancam kesehatan dan nyawa manusia, tetapi juga turut memberi tekanan sosial ekonomi pada semua lapisan masyarakat, terutama pada masyarakat yang masuk dalam kategori masyarakat ekonomi lemah.

Kebijakan pembatasan sosial (social distancing) yang diyakini menjadi cara ampuh untuk memutus penularan Covid – 19, memaksa orang untuk melakukan aktivitas dirumah, bahkan untuk bekerja pun semua dilakukan dari rumah, disisi lain tak sedikit pula masyarakat yang harus rela kehilangan pekerjaannya.

Hal ini memungkinkan terjadinya tindak kekerasan dan kejahatan, lantaran desakan dan tekanan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang disertai dengan tingkat stres tinggi, yang diakibatkan tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi tekanan tersebut.

Dampak wabah Corona benar – benar sangat luar biasa, dia mampu mengobrak – abrik tatanan hidup dan aturan yang selama ini dijalankan baik oleh pemerintah maupun masyarakat pada umumnya.

Bahkan dengan dalih untuk meminimalisir penyebaran virus ini, sebagai langkah perwujudan dari kebijakan penerapan Physical Distancing dan Social Distancing, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Ham, telah membebaskan ribuan Narapidana, yang tentunya tidak mengabaikan syarat – syarat yang harus dipenuhi si terpidana untuk bisa bebas (bebas bersyarat).

Namun demikian, tak sedikit warga yang kemudian dibuat resah dengan dibebaskannya ribuan narapidana ini, masyarakat khawatir akan keamanan diri dan keluarganya, karena bukan hal yang tidak mungkin, diantara orang – orang yang dibebaskan tersebut ada yang kemudian melakukan tindak kejahatan kembali, akibat tekanan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Terlebih disaat kondisi yang tengah terjadi sekarang, dimana orang yang memiliki pekerjaan tetap saja sudah dibuat susah, apalagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan tetap, terkhusus bagi mereka yang tidak memiliki keterampilan yang bisa diandalkan.

Ketua IKA MM Ikopin, Drs.Usep Wawan,MM

Menanggapi hal ini, Ketua IKA MM Ikopin, Usep Wawan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan, baik kewaspadaan diri, keluarga maupun lingkungan, “Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, karena pemerintah mengeluarkan kebijakan tidak asal, tapi melalui pertimbangan yang matang,” ucapnya, Rabu (16/04/20).

“Yang harus dilakukan masyarakat sekarang adalah meningkatkan kewaspadaan, baik kewaspadaan diri, keluarga dan lingkungan sekitarnya dengan mengaktifkan kembali Siskamling,” ujarnya.

Selain itu, Usep menghimbau anggotanya di IKA MM Ikopin untuk turut berperan serta aktif, selain dalam sisi sosial ekonomi akibat wabah Covid – 19, juga dalam hal peningkatan kewaspadaan masyarakat, menyusul munculnya kekhawatiran masyarakat dengan kebijakan pemerintah membebaskan ribuan narapidana ini.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90