Panen Raya Kelompok P3A Sido Makmur Dihadiri Anggota DPRD Fraksi PAN

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Panen raya yang diselenggarakan kelompok P3A Sido Makmur di pesawahan Desa Purwajaya, Kecamatan Purwadadi, Sabtu (24/10/20), tampak dihadiri anggota DPRD Kab.Ciamis dari Fraksi PAN, Supriatna Gumilar.

Tampak hadir pula Sekdis SDA Propinsi Jawa Barat, Bupati Ciamis yang diwakili Kadis Pertanian, Camat Purwadadi, Dadang, Kepala UPTD Puskesmas Purwadadi, Hari, Kapospol Kecamatan Purwadadi, Sudirman, Anggota Koramil Lakbok dan kelompok P3A serta tamu undangan.

Dalam sambutannya Supriatna, Anggota DPRD mengatakan, pihaknya akan mengembalikan wilayah Purwadadi – Lakbok sebagai icon “Lumbung Pangan” untuk Pemerintah Daerah Ciamis.

Menurutnya beberapa waktu lalu dirinya sudah mengadakan pertemuan dengan kelompok tani, khususnya dengan para kelompok tani sekitaran wilayah Purwadadi guna membahas persoalan yang saat ini muncul dan dikeluhkan para petani.

Disebutkan, dirinya banyak mendengar pula keluhan dari petani terkait harga padi hasil panen yang murah.

Untuk menyikapi persoalan tersebut, Supriatna Gumilar yang merupakan asli Putra Daerah Purwadadi berniat akan mendatangkan mesin padi dari medium menjadi premium dan nantinya ini akan dipakai oleh para petani Purwadadi.

Mengingat Program pemerintah seperti BPNT ini pun sangat membutuhkan beras dengan kualitas premium, maka diperlukan alat yang bisa merubah hasil panen medium menjadi medium, imbuhnya.

Dia mengaku sangat miris dengan kondisi di wilayah Purwadadi – Lakbok yang sudah sekian puluh tahun menyandang icon sebagai lumbung padi, namun masih saja banyak areal persawahan hingga ratusan hektar yang tidak lancar sistim pengairannya.

Camat Purwadadi Dadang mengatakan Pihaknya sudah mengusulkan ada talang air di sekitar pesawahan yang akan mengairi sekitar 150 H, “Kalau tidak salah sudah saya sampaikan sekitar dua kali kepada pihak terkait namun sampai saat ini belum terlaksanakan pengusulan tersebut entah tidak di dengar,” pungkas Camat.

(38)