Kantor Baru DKP Batu Disiapkan Anggaran Rp.4 Milyar Pada APBD 2019

Photo : Rencana Lahan Kantor Baru DKP 2 ribu meter di belakang BAT Batu

Pewarta ; HI

Koran SINAR PAGI, Batu,- Dalam waktu dekat Pemkot Batu akan membangun Markas Besar Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) sekala nasional, berdasar pada tuntutan kebutuhan wilayah kota Batu yang semakin berkembang pesat. Karena dasar pembagunan kantor baru Dinas Pemadam Kebakaran 0didasari dari Permendagri No.20 tahun 2009 tentang standarisasi sarana dan prasara dan Permen PU No.16 tahun 2009 yang mengatur tentang sumberdaya manusianya terkait petugas pemadam kebakaran.

Kadis DKP Batu, Drs.Abdillah Alkaf

Pembangunan Markas baru DKP kota Batu, sudah dipersiapkan lokasinya di lingkungan Kantor Balai Among Tani sebelah utara yang berhadapan dengan perumahan Batu Panorama, seluas 2000 meter berlantai tiga dengan pos anggaran tahun 2019 sebesar kurang lebih 4 Miliar” Ucap Kadis DKP Batu Drs. Abdillah Alkaf Jumat, (28/6).

Ditambahkanya” terkait rencana pembangunan itu sudah masuk dalam anggaran APBD 2019 serta sudah masuk proses pada (BLP) Badan Layanan Pengadaan pemkot Batu. Karena siapa nantinya proses lelang akan memenangkan, itu semua dalam penanganan Dinas Perumahan Batu sebagai penanggung jawab penuh pembangunanya”ujar Abdillah Alkaf.

Karena rencana kantor DPK baru nanti, menurutnya,” sesuai peraturan Permendagrinya, berpedoman pada Respon Time, yang indikatornya dalam perjalanan tugas untuk memadamkan api dengan durasi waktu minimal 15 menit dari Kantor Dinas Pemadam Kebakaran. Dan jika para petugas Damkar dengan jarak yang agak jauh, maka capaian Respon Time tidak bisa maksimal, seperti kejadian tahun 2017 di wilayah Kecamatan Bumiaji, sesampai petugas datang di TKP, tetapi lokasi kebakaran itu sudah habis musnah, sehingga petugas hanya melakukan pembasahan.

Untuk mengantisipasi maupun Respon Time penanggananya, sambung” Abdillah Alkaf, (DKP) Dinas Pemadam Kebakaran Batu, sudah mengusulkan pada Pemerintah, mengajukan Pos Pemadam yang ada di wilayah Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji, ditambah 8 personil dan staf administrasi pada setiap Pos Pemadam.

Harapan besar dan keharusan sesuai tugas dan kebutuhan pada DKP Batu,” ujar Abdillah Alkaf, baik fasilitas kantor baru serta personil dengan jumlah edialnya 70 orang. Karena DKP Batu masih memiliki jumlah 50 personil saat ini, penambahan dua Pos Pemadam yang baru cepat terwujud, maka pelaksanaan tugas akan lebih maksimal dalam penanggulangan terjadinya kebakaran pada wilayah kota Batu secara menyeluruh dan Respon Ti

(16)