Penggalangan Gerakan Sadar Pilkada Serentak Tahun 2018 Melalui Gerak Jalan Serentak

Pewarta : Lina

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Bandung Barat,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat, belum lama ini menggelar kegiatan Gerak Jalan Serentak dalam rangka menyongsong Pilkada Serentak tahun 2018, dengan start yang diawali dari halaman kantor Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, gerak jalan sehat kali ini menempuh rute yang agak pendek yakni hanya 2 Km.

Dalam kesempatan tersebut, setiap parpol diwajibkan untuk menampilkan orasi atau kreasi seni dengan tema yang sama yaitu ”Sosialisasi dalam rangka meningkatkan Partisipasi Masyarakat dan menyongsong Pilkada Serentak tahun 2018” Hal ini sesuai surat yang telah dikeluarkan oleh KPU RI Nomor 561 tertanggal 3 Oktober.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Barat Iing Nurdin mengatakan, kegiatan Gerak Jalan Serentak ini merupakan program KPU RI bagi daerah-daerah yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2018 mendatang, Surat KPU RI itu juga menetapkan waktu pelaksanaan dan jumlah pesertanya,”Untuk jumlah peserta tingkat Kabupaten/Kota sebanyak 500 orang peserta yang merupakan undangan dari masyarakat umum, perwakilan Parpol, perwakilan Komunitas/LSM/Ormas, perwakilan instansi/lembaga pemerintah, media massa dan semua stakeholder yang terkait dengan upaya pembangunan demokrasi dan kepemiluan,” tambahnya.

Peserta Gerak Jalan Serentak KPU KBB

Untuk memeriahkan acara, panitia dari Sekretariat KPU Kabupaten Bandung Barat sudah menyiapkan berbagai macam hadiah untuk doorprize bagi peserta,“Ada banyak hadiah yang kami siapkan, jadi bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi silahkan ikut dengan datang ke kantor Kecamatan Parongpong, tidak perlu daftar dan kupon doorprizenya akan dibagikan panitia kepada peserta gerak jalan santai,” kata Ketua KPU KBB Iing Nurdin.

Menurut Iing, sosialisasi Pilgub dan Pilkda tak hanya di Parongpong tapi akan digelar dititik-titik strategis wilayah KBB lainnya seperti di Padalarang dan Cikalongwetan, “Starting pointnya, kami KPU dan jajaran akan mencoba mengajak masyarakat agar bisa menggunakan hak pilihnya dalam dua event besar tadi, acara ini menjadi bukti bahwa demokrasi bisa dilakukan bersama-sama, konteks yang kita lihat disini, semua parpol bergandengan tangan mensukseskan pesta demokrasi di KBB,” tambah Iing Nurdin.

Ditempat sama H. Abubakar Bupati Kab.Bandung Barat mengatakan kegiatan jalan sehat ini meskipun dilaksanakan cukup mendadak tapi berlangsung dengan meriah,”Saya lihat Setiap Parpol menyambut dengan penuh antuasias. Ada penampilan yang menarik dari setiap parpol. Saya kira sosialiasi seperti ini bagus, dan kalau bisa memang pesertanya bisa lebih banyak lagi,” ucapnya.

Namun sayang acara yang diikuti seluruh Parpol yang ada di KBB itu dinilai masih belum maksimal oleh sejumlah masyarakat, terutama masyarakat setempat yang justru baru tahu ada kegiatan jalan sehat saat jalanan disekitar Universitas Advent Indonesia itu macet.

Suharman (45) salah seorang warga mengaku kaget ada kegiatan jalan sehat, dia heran dengan banyaknya peserta yang bukan merupakan warga Parongpong.

(26)