Peringati HKN Ke 53, Pemprov Jabar Sepakati KKB dengan BPJS

Pewarta : Wahyudi.

Koran SINAR PAGI, Bandung,- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan memimpin  langsung Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53, dihalaman gedung sate Jl. Diponegoro, Bandung. Berbagai penghargaan diberikan kepada Bupati dan Walikota, dokter, bidan dan perawat yang berpredikat terbaik dalam program kesehatan. Selain itu, juga diadakan penandatanganan MoU KKB dengan BPJS Wilayah Regional Jawa Barat.

Upacara dihadiri oleh Deputi Direksi BPJS Kanwil Jabar, Kepala Dinas Kesehatan, Pejabat di lingkungan Pemprov.Jabar, Jajaran kepolisian dan perwakilan militer Kodam III siliwangi.

Dalam sambutanya Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyampaikan, tentang optimalisasi peran pemerintah dalam mewujudkan UHC (Universal Health Covetage), JKN dan KIS tahun 2018.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran pemerintah daerah dalam mewujudkan UHC. Untuk itu,  perlu kesadaran masyarakat untuk ikut program BPJS mandiri atau jaminan kesehatan yang di anggarkan oleh pemerintah,” tegas Aher.

Selanjutnya Aher menjelaskan , bahwa Pemerintah tetap konsisten dalam mengintegrasi Jamkesda untuk dijadikan ke program JKN-KIS dan selalu evaluasi.

Untuk menuju UHC ini, sesungguhnya menjadi komitmen kita bersama dalam satu program strategis pemerintah. Dan secara implementasi, harus didukung semua OPD yang ada,kita akan optimalkan,” tegas Aher.

Sementara itu, Dr.Moh.Edison,MM., AAK, Deputi Direksi BPJS kesehatan Wilayah Regional Jawa Barat lebih jauh menjelaskan, bahwa sampai saat ini peserta JKN-KIS di Jawa Barat telah mencapai sekitar 70, 36% dari jumlah penduduk Provinsi Jawa Barat.

“Kota Cirebon merupakan kota pertama di Jawa Barat yang sudah mencapai UHC sebesar 99% dari total penduduknya, dan selanjutnya Kota Sukabumi. Ini bisa menjadi contoh kabupaten/ kota yang lain di wilayah Jawa Barat,” Kata Edison.

Di kesempatan lain, Kadinkes Provinsi Jabar H.Dodo Suhendar menjelaskan, pihaknya hanya mendorong pencapaian program Universal Health Coverage ( UHC ) dapat lebih bermanfaat dan lebih optimal.

Mari kita bersama – sama memberikan Sosialisasi, Edukasi, Informasi dan Advokasi tentang BPJS, sehingga dapat bermanfaat dan lebih optimal. Dan berharap rencana program UHC Tahun 2019 dapat tercapai dengan maksimal,” Tandasnya.

(71)