Kepala Diskominfo Garut : Kontrol Media Penting untuk Demokrasi Berkualitas

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Agus Lukman

Kabupaten Garut – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Margiyanto, menyatakan, media memiliki peran penting sebagai alat kontrol sosial dalam pemerintahan. Dalam era digitalisasi, media memegang peranan kunci dalam peningkatan pemberitaan kepada masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Margiyanto, dalam acara Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik, yang dilaksanakan di Desa Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Rabu (01/11/2023).

Margiyanto menekankan pentingnya kontrol media, dengan dengan cara yang sesuai dengan standar dan prinsip kesamaan kedudukan.

“Bagi saya kontrol (dari) media itu penting, dan tidak ada istilah alergi terhadap kontrol media. Namun demikian, tentu proses kontrol itu harus dilakukan dengan cara-cara yang memang memenuhi standarisasi terutama sosiokultural kita, saya pikir komunikasi yang efektif dan efisien itu, dibangun atas prinsip equality atau kesamaan kedudukan, jadi saya tidak melihat media itu berkedudukan lebih rendah atau lebih tinggi dari pihak manapun,” ujar Ka diskominfo Garut dalam sambutannya.

Selaku Kepala Diskominfo Garut, Margiyanto, menyampaikan, bahwa pihaknya memandang penting peranan media. Peran media ini tentu tidak terlepas bagaimana pers ditempatkan sebagai salah satu tiang demokrasi atau pilar ke empat dalam demokrasi.

Kegiatan yang mengangkat tema “Peran Media dalam Menyukseskan Pemilu 2024” ini, pihaknya sengaja menghubungkan kegiatan ini dengan Pemilu 2024, terlebih sensitivitas masyarakat di agenda-agenda politik, terutama terkait dengan penyebaran berita bohong.

Ia berharap media akan tetap netral dan memberikan berita yang akurat selama proses Pemilu. Terlebih, menurutnya penting bagi masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan berita yang benar dan baik dalam proses Pemilu ini.

“ini yang betul-betul menjadi bagian penting kenapa kita berkumpul hari ini, tentu dalam rangka menyongsong tidak hanya Pemilu Legislatif maupun Presiden, tapi terkait juga Pilkada serentak yang juga akan dilaksanakan pada akhir tahun 2024,” ucapnya.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Kabupaten Garut, Nuni Nurbayani, bahwa insan pers sebagai pilar ke empat demokrasi memiliki peran penting untuk membantu melakukan diseminasi informasi terkait Pemilu kepada masyarakat.

Nuni juga menyoroti pentingnya peran media sebagai “gate keeper” dalam menyaring informasi terkait Pemilu. Dia berharap penyebaran disinformasi hingga hoax ini bisa ditekan dan diminimalisir.

“Dan kami berharap media juga bisa membantu KPU untuk menangkal isu-isu hoax, miskomunikasi, black campaign yang ada di masyarakat, supaya proses dari tahapan pemilu ini berjalan dengan baik,” harapnya.

Menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Yeni Yunita, acara yang diikuti perwakilan dari 16 organisasi pers, bertujuan meningkatkan pengetahuan peran media dalam menyukseskan Pemilu 2024 serta memperkuat hubungan antar organisasi pers.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90