Sri Radya Karaton Sumedang Larang: KR. Khidam Muhammad Batang Jawa Tengah adalah Cicit dari Prabu Geusan Ulun

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: S. Gervan

Koran Sinar Pagi, Batang – Pada kesempatan ini, Sri Radya Karaton Sumedang Larang (KSL) bersama Keluarga Besar KSL menghadiri acara yang mana dalam rangkaian acara, Rd. Asep Sulaiman Fadil Adiwinata turut langsung mengisi acara untuk menjelaskan hubungan sejarah yang berkaitan antara Keadipatian Batang dan Keadipatian Sumedang Larang.

Acara yang berlangsung dari tanggal 27 Oktober hingga 29 Oktober 2023 dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW lalu Haul Habaib dan Auliya yang berlokasi di Kecamatan Limpung, Desa Kalisalak, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Ketika acara, Sri Radya KSL PYM H.R.I Lukman Soemadisoeria mengatakan, terimakasih banyak kepada pihak panitia maupun pihak terkait yang telah mengundang kami dalam kesempatan. Ini adalah sebuah acara yang Alhamdulillah luar biasa, dilihat dari antusiasme masyarakat yang hadir dalam acara. Minggu (29/10/2023)

“Jadi setelah di lihat lagi dari silsilah, ternyata masyarakat khususnya Kalisalak ini, masih kawargian (keluarga) kami semua, karena salah satu leluhur Kabupaten Batang tepatnya di Kalisalak ini yaitu KR. Khidam Muhammad adalah cicit Prabu Geusan Ulun yang makamnya ada di Sumedang,” ucap Sri Radya

Setelah dijelaskan oleh Rd. Asep Sulaiman Fadil Adiwinata sebagai Mantri Luar KSL pada saat tanggal 28 Oktober 2023 di Kalisalak mengenai sejarah antara Keadipatian Batang dan Keadipatian Sumedang, dilanjutkan oleh Ustadz Fuad Ginan Burhanudin sebagai Penghulu KSL menjelaskan silsilah Auliya KR. Khidam Muhammad yang berada di Kalisalak.

Ketika acara tanggal 29 Oktober 2023, Sri Radya memberikan medali kepada Habib Muhammad Luthfi bin Yahya juga kepada Ketua Pelaksana acara bersama Kepala Desa Kalisalak, dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai peresmian Mesjid. Antusiasme masyarakat yang hadir memenuhi area acara.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90