Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2021

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Pandan,- Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Tahun 2021 virtual dengan menggunakan video conference (vidcon) di Ruang Rapat Bappeda Tapteng, Senin (20/04/20).

Musrenbang RKPD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021 ini mengusung tema “Peningkatan investasi melalui pelayanan publik yang profesional, pengembangan agro industri dan agromarine industri, serta pariwisata yang berbasis sumber daya alam”.

Musrebang ini dibuka oleh Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP.

“Bapak Ibu sekalian, dalam suasana pandemi COVID-19 ini kita menggunakan video conference untuk menyelenggarakan Musrenbang RKPD Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2021.

Kita laksanakan imbauan pemerintah, Instruksi dan Surat Edaran Bupati Tapanuli Tengah Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani untuk bersama-sama mengantisipasi dan mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Semoga pandemi COVID-19 ini cepat berakhir. Kita dapat melakukan percepatan pembangunan dan perekonomian masyarakat juga dapat bangkit kembali,” kata Kepala Bappeda Tapteng Basyri Nasution, SP.

“Dalam suasana pandemi COVID-19 ini, Bupati bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan upaya antisipasi dan pencegahan sehingga pandemi COVID-19 ini tidak berdampak besar bagi kita masyarakat Tapanuli Tengah.

Sekali lagi, pada kesempatan ini mari kita giatkan sosialisasi kepada masyarakat agar bersama-sama melaksanakan imbauan pemerintah dan Edaran yang telah diterbitkan oleh Bupati.

Ini semua untuk kebaikan bersama dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Tapanuli Tengah,” kata Basyri Nasution, SP.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Tapteng menyampaikan titip salam dan selamat melaksanakan Musrenbang RKPD kepada para peserta terbatas yang hadir di Ruang Rapat Bappeda Tapteng dan yang mengikutinya melalui vidcon.

Selanjutnya, Kepala Bappeda Tapteng menjelaskan musrenbang yang dilaksanakan hari ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian musrenbang yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Musrenbang sebelumnya diawali, dari Desa/Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan hingga pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2021 tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah

Tapanuli Tengah. Prioritas Pembangunan pada RKPD Tahun 2021 diarahkan pada lima kebijakan seperti yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2017-2022. Seluruh tingkatan Musrenbang ini, diproses dengan menggunakan aplikasi e-Planning.

Musrenbang RKPD ini digelar untuk menyempurnakan rancangan RKPD yang memuat priorits pembangunan, pagu indikatif, dan usulan kegiatan yang telah disusun berdasarkan Organiasi Perangkat Daerah (OPD).

Pengelolaan kegiatan sumber pendanaannya, untuk mencapai keterpaduan antar rancangan renja OPD dengan rancangan kerja kecamatan, tercapainya kesepakatan / rumusan Forum Musrenbang yang akan menjadi acuan pada rancangan akhir RKPD Tahun 2021.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini diakhiri dengan kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acara Musrenbang RKPD Tahun 2021 Kabupaten Tapanuli Tengah.

Pada pelaksanaan Musrenbang RKPD ini, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi diwakili oleh Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara Dr.Ir.Hasmirizal Lubis,M.Si.

Kepala Bapeda Provsu Hasminzal Lubis alam sambutannya, memberikan apresiasi dan mengucapkan selamat atas pelaksanaan Musrenbang RKPD Tapteng dan berdoa semoga pandemi COVID-19 ini cepat berakhir di Indonesia dan Provinsi Sumatera Utara.

Leserta Musrenbang RKPD Tapteng Tahun 2021 ini menggunakan vidcon, yaitu Instasnsi Vertikal yang memiliki wilayah Kerja di Tapteng, Kepala BPS Tapteng Drs. Anggiat Tulus Sibagariang.

Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Camat se Tapteng, jajaran Bappeda Tapteng, BUUMD, Ormas/Organisasi Kepemudaan dan LSM, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan para Akademisi di Tapteng.

Pos terkait

banner 468x60