ICI Pro Aktif Mengkaji dan Melaporkan Dugaan Korupsi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : H. Entang S.

KORAN SINAR PAGI, Karawang, – Direktur Indonesian Corruption Investigation (ICI) Jawa Barat menandaskan bahwa ICI sebagai lembaga yang konsen terhadap pemberantasan korupsi telah mengkaji dan menelaah beberapa kasus adanya dugaan korupsi di beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat.

“Ya, beberapa bulan ini tim investigasi ICI Jawa Barat sedang mengkaji beberapa proyek di kota dan kabupaten di Jawa Barat yang diduga berpotensi dikorupsi,” ujar Direktur ICI Jawa Barat Marwan Alihasan, SH kepada Koran Sinar Pagi di kantornya, Jumat (25/10).

Menurut Marwan, dalam regulasi masyarakat diberi ruang untuk pro aktif melaporkan jika melihat, mendengar bahkan menyaksikan adanya indikasi korupsi yang dilakukan oleh penyelenggara negara.

“Oleh karena itu, ICI ambil bagian dengan cara pro aktif,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Marwan, ada beberapa mega proyek di beberapa kota dan kabupaten wilayah Jawa Barat yang sudah menjadi kajian ICI, baik proyek yang sudah beberapa tahun lalu ataupun yang sedang berjalan.

“Proyek yang kami prioritaskan untuk dikaji yang bernilai puluhan miliar dan bersifat untuk kepentingan hajat orang banyak, namun ternyata tak bermanfaat atau justru menghambur-hamburkan anggaran,” tandasnya.

“Salah satu contoh di Kabupaten Karawang ada mega proyek yang menghabiskan puluhan miliar namun tak berfungsi dan tak menghasilkan manfaat bahkan cenderung itu bagi-bagi kue APBD,” tegasnya.

Marwan mengakui untuk kasus di Kabupaten Karawang, ICI sudah melaporkannya ke lembaga anti rasuah atau KPK.

“Sudah kami teruskan ke KPK karena kajian ICI, ada proyek di Karawang yang jelas-jelas hasil kajian kami itu terindikasi korupsi,” tegasnya.

Selain Karawang, tambah Marwan, ICI juga sedang mengkaji pelaksanaan proyek dari APBN di Kabupaten Garut, Purwakarta dan Ciamis.

Namun Marwan tak menyebutkan secara detail proyek mana yang menjadi kajian ICI dan yang sudah dilaporkan ke KPK.

“Nanti juga tahu jika KPK sudah turun tangan, yang pasti kehadiran ICI membantu penegak hukum memberangus korupsi,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90