KPU Laksanakan Rakor Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Para Bakal Cabup Sumedang

Pewarta : Jeky E Saepudin

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Sumedang,- Dalam rangka persiapan pendaftaran para bakal calon ( balon ) Bupati Sumedang yang akan digelar mulai tanggal 8 – 10 Januari 2018, maka kini Rabu ( 27/12) KPU Sumedang melakukan rapat koordinasi ( rakor) di gedung aula KPU untuk nembahas persiapan pemeriksaan para balon tersebut.

Setelah dilakukanya pelaksanaan rakor maka tahap berikutnya melakukan pemeriksaan para bakal calon itu, dan menurut jadwal KPU pelaksanaan pemeriksaan itu akan dilaksanakan pada tanggal 8 – 15 Januari 2018 yang hasilnya disampaikan tanggal 15 dan 16 Januari 2018.

Menurut Ketua KPU Sumedang Hersa Santosa yang disampaikan Bidang Teknis Junan Junedi kepada koransinarpagijuara.com saat di ruang kerjanya mengatakan,

“KPU dalam rakor ini akan melakukan perjanjian kerjasama dengaj IDI ( Ikatan Dokter Indonesia), BNN ( Badan Narkotika Nasional), HIMSI ◇ Himpunan Psycology Seluruh Indonesia) dan juga menunjuk rumah sakit pemerintah untuk melaksanakan pemeriksaan tersebut”, ujar Junan.

Selanjutnya poin-poin yang akan dilakukan pemeriksaan menurut Junan mengatakan,

“Poin nya yaitu melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, juga bebas terhadap penyalahgunaan narkoba”, ujar nya.

Ditegaskan Junan, untuk hasil pemeriksan ini sifat nya final dan mengikat.

“Sesuai dalam peraturanya hasil dari pemeriksaan ini bersifat final dan mengikat”, tegas nya.

Sementara itu diterangkan Junan lagi, untuk standar pemeriksaanya harus dinyatakan oleh suatu tim medis dan tim psykolog dan juga tim pemeriksa bebas narkotika yang profesional dan imparsimal, independen dan tidak memiliki konflik kepentingan, yang dibentuk secara resmi dan khusus yang anggotanya terdiri para dokter ahli phsykolog dan tim pemeriksa bebas narkotika, yang kompeten dan memiliki kredibilitas tinggi dlingkungan profesinya, terang Junan.

(28)