Kapolres Ciamis Pimpin Gelar Pasukan Operaai Lilin Lodaya 2020

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Polres Ciamis Polda Jabar laksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020. Apel tersebut digelar di halaman Mapolres Ciamis Jl. Jenderal Sudirman No.271, Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (21 Desember 2020).

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra dan dihadiri oleh Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya, Kasdim 0613/Ciamis Mayor Inf Nurkasroni, dan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Pernana. Sementara untuk peserta apel sendiri terdiri dari personel Polres Ciamis Polda Jabar, Kodim 0613/Ciamis, Subdenpom III/2-3 Ciamis, Satpol PP, Dishub, dan BPBD Kabupaten Ciamis.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra mengatakan apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dalam menghadapi pengamanan perayaan malam Natal dan Tahun Baru 2021. Bagi personel yang sudah terploting baik di gereja, pos pengamanan, dan tempat keramaian lainnya agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

“Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Jaga kesehatan dan keselamatan dalam bertugas serta lakukan body system. Tidak lupa jalin terus koordinasi dan komunikasi antar instransi yang terlibat pengamanan sehingga dapat terintegrasi dengan baik, deni terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif,” ucap Kapolres.

“Operasi Lilin Lodaya 2020 ini akan dilaksanakan selama 15 hari sejak tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021,” tambahnya.

Terkait pencegahan penyebaran Covid-19, Kapolres menuturkan, personel gabungan yang bertugas sudah disebar untuk menjaga titik-titik keramaian. Dimana personel yang bertugas dititik keramaian nantinya juga akan menyampaikan himbauan protokol kesehatan hingga dilakukan pembubaran apabila terjadi sebuah kerumunan massa.

“Semua titik keramaiain sudah kita petakan. Jadi kita masalah edukasi dan himbuan ke masyarakat dilaksanakan secara gabungan di tempat titik kumpul. Kita akan bubarkan untuk yang berkerumum, itu dilakukan sesuai aturan,” pungkas Kapolres.

Jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan Malam Natal dan Tahun Baru 2021 sebanyak 670 personel gabungan. Terdiri dari Polres Ciamis, Kodim 0613/Ciamis, Subdenpom, Dishub, Satpol PP, BPBD Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Pos terkait