Tentang Niat Baik

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Praktisi Pendidikan)

Dalam ajaran agama islam dikenal istilah dari sebuah hadis “Innamal A’malu Binniyat”. Hadis ini menjelaskan tentang pentingnya niat baik. Niat baik akan mendatangkan energi baik dan hasil baik.

Bila niat baik berproses dengan kinerja terbaik, ikhtiar terbaik maka hal hal baik akan terjadi. Pepatah bijak mengatakan “Niat baik sekali pun tidak sempat dikerjakan sudah mendapat ridha dari Ilahi”.

Niat baik sangat penting bersemayam dalam jiwa setiap manusia. Sebaliknya niat jahil, zalim dan jahat, jauh jauh, hindari jangan sampai ada dalam diri manusia. Ini sangat bahaya dan bisa mendatangkan malapetaka.

Niat baik dalam jiwa manusia itu hakekatnya lahir dari energi Ilahi dalam diri kita. Niat tak baik lahir dari energi hewani, basic instinct, bawaan sisi gelap manusia. Niat baik, bawaan sisi cahaya, nur Ilahi.

Bila kita mengenal istilah sebuah hadis yang mengatakan “Allah tergantung prasangka hamba_Nya”. Maka prasangka baik pada Ilahi, niat baik pada sesama dan berbuat baik pada semesta, akan mendatangkan balasan baik.

Sungguh akan sangat ringan hidup dan langkah orang orang yang melekat pada niat baik. Orang seperti ini akan punya nafas, energi dan resonansi yang baik bagi sekitar kehidupannya.

Mengapa ajaran semua agama menyatakan bahwa bila ada orang pelaku kejahatan/maksiat, akan memberi efek petaka/musibah bagi sekitarnya? Karena segala sesuatu akan beresonansi, merambat, menyebar.

Begitu pun bila banyak orang berniat baik, berbuat baik, akan melahirkan kehidupan yang sangat baik. Jadikan niat baik sebagai nur yang menyala dalam diri.

Asbab orang orang baik, dunia ini terus membaik. Semua ajaran agama, adat istiadat dan pengetahuan, selalu membawa/mengajak pada niatan baik. Mengapa? Karena niat baik adalah modal awal kehidupan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90