Pemda Kuningan Kirim 74 Atlet ke Porsenitas XI Tahun 2024 di Kabupaten Cilacap

banner 768x98

(Koran SINAR PAGI)-, Pekan olahraga dan pentas seni antar daerah perbatasan (Porsenitas) dan pameran produk unggulan Badan Kerjasama Antar Daerah KUNCI BERSAMA tahun 2024 resmi dimulai.

Kabupaten Cilacap terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan event tahunan anggota KUNCI BERSAMA pada gelaran tahun ke XI.

Penjabat Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidajat, Mpd hadir di Kabupaten Cilacap untuk mengikuti berbagai agenda pembukaan, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj Susi Widyawati, S.Sos., M.Ip, Selasa (09/07/2024).

Hadir juga pimpinan daerah Kabupaten/Kota anggota KUNCI BERSAMA lainnya, yaitu dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap, Kota Banjar, Kabupaten Brebes, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Indramayu.

Rangkaian agenda pembukaan dimulai dengan penyelenggaraan Welcome Party bertempat di Pendopo Wijayakusuma Sakti, dilanjutkan dengan pembukaan pameran produk unggulan bertempat di alun-alun Kabupaten Cilacap dan Upacara pembukaan Porsenitas XI di stadion Wijayakusuma.

Upacara pembukaan dimulai dengan peragaan defile atlet dan official peserta porsenitas. Diawali defile rombongan Kabupaten Kuningan yang di pimpin langsung oleh Sekretaris Daerah, Dr H Dian Rachmat Yanuar, Msi, dan Ketua DWP Kuningan, Hj Ella Helayati bersama para staff ahli, asisten daerah, para kepala perangkat daerah dan camat. Diikuti oleh 153 kontingen yang terdiri dari 13 pelatih, 74 atlet, 30 official dan 36 manager.

Penyelenggaraan Porsenitas kali ini mengambil tema “Guyub Rukun Bareng KUNCI BERSAMA” diharapkan melalui kegiatan ini, rasa kebersamaan, persaudaran, kekeluargaan, dan semangat untuk membangun dan memajukan daerah semakin tumbuh.

“Tentunya kita semua mempunyai komitmen yang sama bahwa sebagai daerah yang ada di perbatasan, harus maju sebagaimana daerah-daerah lainnya yang sudah maju” Ujar Awaluddin Muuri, Pj Bupati Cilacap, saat memberi ucapan sambutan selamat datang pada Upacara pembukaan.

Ketua Pelaksana Harian (Plh) Sekretariat KUNCI BERSAMA, Maman Suparman mengapresiasi kesiapan Pemkab Cilacap dalam gelaran Porsenitas KUNCI BERSAMA 2024. Terlebih pelaksanaan dirangkai dengan sejumlah event wisata dan pekan promosi Cilacap Expo 2024 sehingga menjadi ajang promosi yang baik bagi pemerintah daerah setempat dan menambah daya tarik penyelengaraan Porsenitas KUNCI BERSAMA.

“Alhamdulillah Kabupaten Cilacap luar biasa. Mudah mudahan acara berjalan lancar hingga selesai”, ujar Maman.

Ditemui ditempat terpisah, Iip Hidajat, sapaan akrab Pj Bupati Kuningan mengutarakan optimisme-nya bahwa kontingen Kabupaten Kuningan akan memberikan yang terbaik pada gelaran Porsenitas Cilacap tahun ini.

Lebih lanjut, Iip berharap bahwa badan kerjasama antar daerah KUNCI BERSAMA akan semakin menguatkan komitmen Kabupaten/Kota didalamnya untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam pembangunan daerah terkhusus di daerah perbatasan.

“Spirit KUNCI BERSAMA yang telah digagas lebih dari satu dekade lalu harus terus digelorakan untuk semakin menguatkan perananan pemerintah daerah dalam memperhatikan daerah perbatasan. Selain itu juga sebagai sarana menguatkan jalinan kerjasama anggota didalamnya” Ujar Iip.

Porsenitas dan pameran produk unggulan KUNCI BERSAMA akan berlangsung selama 4 hari (09-12 Juli 2024) mempertandingkan sebelas pertandingan cabang olahraga diantaranya Bulutangkis, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola Voli Pasir, Bakiak, dan Gobag Sodor.

Selanjutnya ada Catur, Gate Ball, Sepeda, Lomba Dayung, dan Gerak Jalan Cepat. Para atlet akan memperebutkan 40 emas, 40 perak dan 66 perunggu. Sedangkan perlombaan Seni Budaya bertempat di Plaza Sudirman, serta Pameran Produk Unggulan Daerah dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Cilacap.

Dengan kekuatan 74 atlet yang telah diberangkatkan ke Kabupaten Cilacap sejak hari Senin, Kabupaten Kuningan akan mengikuti 9 cabang olahraga diantara 11 cabang olahraga yang dipertandingkan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90