Jumenengan Trah Karaton Sumedang Larang Kepada PJ Bupati Sumedang

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: vicky rizki

Koran SINAR PAGI, Sumedang – Acara sakral Jumenengan Trah Karaton Sumedang Larang (KSL) telah digelar dengan penuh khidmat bertepatan di Bale Agung Srimanganti KSL. Jumenengan ini menandai momen bersejarah bagi Kabupaten Sumedang.Rabu (10/7) 10:00 WIB.

Hasil liputan media, Dalam acara tersebut, PJ Bupati Sumedang, Drs. H. Yudia Ramli,M.Si secara resmi dinobatkan sebagai Trah Karaton Sumedang Larang (KSL). Penobatan tersebut di berikan langsung oleh H.R.I Lukman Soemadisoeria sebagai Sri Radya KSL dan di saksikan oleh Rd.Lily Djamhur Soemawilga (Mahapatih KSL) , Rd.Luky Djohari Soemawilaga (Radya Anom KSL) , Seluruh jajaran Panata KSL , Forkopimda, dan Forkopimcam, termasuk Mayor Yusuf Junaedi sebagai Kasdim mewakili Dandim 0610 , Lettu Isroi sebagai Fasi Intel 301/Prabu Kian Santang Mewakili Danyonif, Kasi Intel Kejari, dan Kepala Lapas Sumedang.

Menurut silsilah yang ditelusuri dari sumber ‘Babon’ Karaton Sumedang Larang oleh Rd.Lily Djamhur Soemawilaga sebagai Mahapatih, dalam pembacaan silsilahnya,” jika ditarik garis keturunan dari Pangeran Santri/Koesoemahdinata I yang menikah dengan Padmi Ratu Inten Dewata (Ratu Pucuk Umun), berputra Pangeran Rangga Gede (Bupati Sumedang 1625-1633), berputra Rd. Singamanggala, berputra Kiyai H.R Abdul Moetolib, berputra Raden Mas Tjandradipa, berputra Kiyai H.R Salinggih (Rd. Ibrahim) yang menikah dengan Nr. Lulu Alamiah, berputra Kiyai H.R Kosasih memiliki dua anak yaitu yang pertama Kiyai H.R Nurmuhamad menikah dengan Nr. Alamiah berputra Kiyai H.R Zarkasyi Hasan Maulani, putra kedua Rd. Ahmad Jalafari berputra Nr. Siti Ghoniah. Kiyai H.R Zarkasyi Hasan Maulani menikah dengan Nr. Siti Ghoniah berputra Kiyai H.R Ahmad Bahrudin dan berputra H.R. Ending Maulani lalu berputra H.R. Yudia Ramli.” ucapnya saat pembacaan silsilah

Secara singkat, H.R. Yudia Ramli bin H.R. Ending Maulani bin Kiyai H.R. Ahmad Bahrudin adalah bagian Trah dari silsilah Karaton Sumedang Larang.

PJ Bupati Sumedang menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang mendalam atas kehormatan yang diberikan kepadanya. PJ Bupati berkomitmen untuk terus melestarikan dan mempromosikan nilai-nilai budaya serta sejarah yang dimiliki oleh Karaton Sumedang Larang.

Acara Jumenengan tersebut juga diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan tradisional, termasuk tari-tarian khas Sumedang, persembahan seni. Masyarakat Sumedang yang hadir turut merasakan kebanggaan dan kekayaan budaya yang diwariskan oleh leluhur.

Dengan berakhirnya acara Jumenengan, diharapkan semangat untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan dan kawargian Sumedang semakin kuat, membawa Sumedang ke arah yang lebih baik dan dikenal sebagai daerah yang kaya akan tradisi dan sejarah. ***

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90