Gus Asroru Maula Achong & MUI Banyumas Tanggapi Berita Santri dan Kyai Makan di Mc Donald’s

  • Whatsapp
Santri dan Kyai dari Biroyatul Huda Desa Batuanten Kecamatan Cilongok Banyumas foto bersama di halaman McDonald's Suparno Purwokerto
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

(Koran SINAR PAGI)-, McDonald’s Suparno Purwokerto merupakan perusahaan lokal yang ikut peduli dengan lingkungan dan berupaya memberikan kontribusi positif kepada komunitas sekitar termasuk pondok pesantren.

McDonald’s Indonesia telah mendapatkan sertifikat halal dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) yang merupakan badan sertifikasi halal di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Namun disisi lain ada pihak yang menghubung-hubungkan McDonald’s sebagai perusahan yang mendukung kepada Israel menyerang Palestina. Disaat Indonesia berupaya menyuarakan atau memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Gus Asroru Maula Achong pimpinan Ponpes Biroyatul Huda Desa Batuanten Kecamatan Cilongok Banyumas menjelaskan para Kyai dan santrinya yang makan bersama di Mc Donald’s, sebelumnya sudah dipertimbangkan oleh pihak Pesantren.

“Karena saya sendiri kenal dengan para pimpinan yang mengeloa Mc Donald’snya. Produknya bersumber dari lokal, dikelola oleh orang lokal dan memiliki rantai dagang sendiri untuk warga lokal”, jelasnya kepada media cetak dan online Koran SINAR PAGI melalui sambungan Washapp pribadinya. (29/6/2024)

Pada dasarnya tidak ada pengharaman bermuamalah dengan siapapun. Maka sudah semestinya dalam setiap keputusan ditujukan untuk memperoleh kemaslahatan dan menghindari kemudharatan (jalb al-mashalih wa dar al-mafasid).

“Kalau bicara boikot produk itu harus jelas, bukan sikap pribadi tetapi pemerintah. Maka harus jelas tentang produk apa saja yang disepakati untuk di boikot. Selain itu perlu dilihat juga dampak pengangguran / pemberhentian karyawan dari perusahaan, karena produk tersebut tidak laku dipasaran,” ucapnya.

Divisi Perempuan, Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Banyumas, Dr. Ny. Hj. Umnia Labibah S.Th.i, M.Si menanggapi tentang hal itu.

Saat ditanya Koran SINAR PAGI tentang pihak McDonald’s Suparno Purwokerto yang melaksanakan program mengajak makan santri dan Kyai dari Biroyatul Huda Desa Batuanten Kecamatan Cilongok Banyumas sebagai upaya promosi produknya. Namun disisi lain ada yang menduga bahwa McDonald’s perusahan yang berpusat di Amerika dikhawatirkan akan berkontribusi terhadap dukungan Israel memerangi Palestina. Bagimana MUI Banyumas menyikapi kondisi tersebut jika dihubungkan dengan aksi belas Palestina?…

MUI Banyumas dengan jelas dan tegas menentang keras semua tindakan kekerasan dan genosida yang dilakukan Israel. MUI mendorong umat islam agar cerdas dalam bersikap, agar tidak berkontribusi pada Israel dalam bentuk apapun.

MUI Pusat tidak mengeluarkan daftar produk yang harus diboikot, namun mengarahkan agar masyarakat tidak membeli produk yang dinilai berafiliasi kepada negara yang mendukung Israel. Bagaimana MUI Banyumas mensosialisasikan gerakan boikot tersebut?…

MUI menghimbau umat islam agar membantu Palestina dengan berbagai cara, bil mal (dengan harta), bil yad (dengan upaya/kekuasan/tangan/gerakan), hingga dengan hati yang mengutuk semua kebiadaban Israel. Termasuk di dalamnya menghimbau untuk tidak mengkonsumsi produk Israel.

Melihat kondisi potensi polemik tentang Santri yang di ajak makan bersama pihak McDonald’s, bagaimana sikap ideal merespon hal tersebut?…

Kita husnudzon, bahwa santri yang diajak makan bersama McDonald’s tetap berada di barisan anti Israel. Tetapi juga menyayangkan, semestinya para pemuda islam, generasi islam harus dididik militan, dalam memperjuangkan kebenaran dan melawan kedzaliman. Di antaranya santri semestinya dididik untuk lebih mencintai produk lokal, asli indonesia dan tidak berkontribusi pada apapun yang berkaitan dengan Israel

Infromasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com, pengelola McDonald’s yang berada di wilayah Israel memang sempat mendukung serangan Israel kepada Palestina dengan menyumbang makanan saat peperangan. Namun Mc Donald’s Indonesia dan Mc Donald’s di berbagai negara lainnya justru mendukung dengan memberikan berbagai bantuan untuk Palestina.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90