DPUTR Kota Sukabumi Giatkan Pemeliharaan Irigasi Untuk Antisipasi Banjir

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Arief Avenk

Kota Sukabumi – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, terus berupaya melakukan pemeliharaan irigasi untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi saat musim hujan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUTR Kota Sukabumi, Eris Indrawan mengatakan, DPUTR terus berupaya melakukan pemeliharaan irigasi yang ada di Kota Sukabumi.

“Selain mengantisipasi banjir perawatan juga dilakukan untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Eris, Rabu (19/6/2024).

Eris menjelaskan, pemeliharaan sistem irigasi ini menjadi bagian dari strategi dalam mendukung sektor pertanian dalam meningkatkan produktivitas tanaman serta memastikan ketersediaan air yang cukup untuk lahan pertanian.

“Sistem irigasi yang mendapatkan pemeliharaan ini meliputi saluran primer, sekunder, dan tersier, serta berbagai pra sarana pendukung seperti pintu air dan bendungan,” jelasnya.

Menurutnya, pemeliharaan irigasi ini mulai dari pengerukan lumpur yang sudah mengalami pendangkalan pada irigasi dan lainnya.

Terlebih, saat ini masih banyak sampah yang menghambat saluran irigasi. “Ya, di sinilah perlunya kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan karena masih banyak ditemukan irigasi yang tersendat akibat sampah,” cetusnya.

Eris berharap, program ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para petani di Kota Sukabumi dan berkontribusi dalam peningkatan produksi pertanian.

“Pemeliharaan dan perbaikan sistem irigasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas dan kuantitas hasil pertanian di Kota Sukabumi,” tukasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90