LLDIKTI IV : “Melalui Job Fair, Kampus Unggul UTama Berhasil Laksanakan Permendikbudristek Nomor 35”

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

(Koran SINAR PAGI)-, Plh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Dr. Agus Supriatna, S.Sos., M.Si., memuji pelaksanaan Job Fair Career UTama (Universitas Widyatama) Kota Bandung, yang diadakan selama dua hari, di Gedung Serba Guna UTama, Jalan Cikutra No 204 A, tanggal 10-11 Juni 2024, dari pukul 08.00-16.00.

Pasalnya dalam kegiatan ini ada ratusan lowongan pekerjaan yang disediakan oleh 41 perusahaan yang turut serta.

“Ini sangat baik sekali Pusat Karir Universitas Widyatama berkolaborasi dengan 41 perusahaan yang mempertemukan antara pencari kerja dan penyedia lapangan kerja,” kata Agus di tempat acara.

Lanjut Agus sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah pihaknya pun menyambut baik kegiatan Job Fair UTama “Career Day UTama” ini.

“Pemerintah sangat mendukung event tahunan yang digelar oleh Universitas Widyatama sebagai perguruan tinggi yang berakreditasi unggul yang mengimplementasikan lembaga pusat karir yang berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan, dimana mempertemukan antara pencari kerja dengan penyedia lapangan kerja, dinilai sangat positif,” kata Agus.

Menurutnya, kegiatan Job Fair 2024 ini, sesuai dengan kebijakan pemerintah yaitu Permendikbud Ristek Nomor 35, bahwa perguruan tinggi itu harus selalu melakukan evaluasi pencapaian pembelajaran para lulusannya, agar nanti kompetensi lulusanya relevan dengan kebutuhan dunia industri dan usaha.

Saat ditanya mengenai tantangan para lulusan di era disrupsi dan digital? Katanya dibutuhkan lulusan perguruan tinggi atau lulusan setingkat SLTA harus melek literasi digital.

Sementara itu Rektor Universitas Widyatama, Prof Dadang Suganda mendukung penuh digelarnya Job Fair 2024 ini. Pasalnya, kegiatan tersebut merupakan langkah strategis untuk melihat sempai sejauh mana lulusan perguruan tinggi dan sekolah yang ada bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan industri.

Menurut Prof Dadang, kampus UTama selalu melakukan evaluasi kurikulum agar lulusan Universitas Widyatama mudah terserap oleh dunia usaha dan industri.

“Pihak universitas pun bersiap jika memang ada kompetensi-kompetensi yang mesti dipelajari oleh para mahasiswa Widyatama agar mampu terhubung dengan dunia usaha ketika lulus nanti,” kata Prof Dadang.

“Saya setuju dengan kebijakan yang sering diwacanakan, yakni kurikulum itu didukung dunia kerja dan dunia industri, dan mahasiswa yang mendaftar itu yang best practice di lapangan. Alhamdulillah daya serap lulusan Widyatama bisa mencapai 50-60 persen, yang artinya apa yang dibangun ini sesuai kebutuhan, dan lamanya lulusan kami menganggur berharap paling lama tiga bulan setelah mereka lulus,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Biro Karir Universitas Widyatama Pipin Sukandi selaku Ketua Panitia Job Fair 2024 menyebutkan, bahwa kegiatan yang digelar selama dua hari ini, adalah sebagai bentuk komitmen dalam membantu para pencari kerja, khususnya bagi para lulusan Universitas Widyatama untuk mendapatkan pekerjaannya.

“Job fair ini terbuka untuk umum dengan target lulusan SMA/SMK, D1-D4, S1-S3, dan tentunya gratis namun tetap harus registrasi di pintu masuk,” katanya.

Lanjutnya para pencari kerja pun diminta sebelum datang ke Job Fair tersebut, untuk mempersiapkan CV mereka baik bentuk soft file maupun hard file, serta berpakaian rapi.

Pasalnya, kata Pipin, ada beberapa perusahaan yang memang langsung melakukan interview di lokasi.

Lebih lanjut Pipin menambahkan, yang istimewa dari Job Fair 2024 kali ini, yaitu ada perusahaan yang memberikan peluang bagi para pencari kerja dari kalangan penyandang disabilitas

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90