Diskominfo Kota Sukabumi Gelar Bimtek Evaluasi Implementasi Smart City

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Arief

Kota Sukabumi – Bidang Aptika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi Implementasi Smart City, Selasa (21/05/2024) bertempat di Hotel Balcony.

Bimtek yang dibuka oleh Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum, Mohamad Hasan Asari, dihadiri diantaranya oleh sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum menekankan pentingnya kolaborasi dalam implementasi Smart City di Kota Sukabumi. Selain itu pemahaman mengenai Smart City pun harus terus ditingkatkan diantaranya dengan mempelajari berbagai inovasi yang telah dilaksanakan oleh berbagai daerah lain.

Ia berharap melalui bimtek ini dapat dirumuskan berbagai perencanaan yang tepat dalam pelaksanaan Smart City di masa mendatang.

Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar, ketika diwawancarai menerangkan bahwa keberhasilan penerapan Smart City tidak hanya menjadi tanggung jawab pihaknya, tetapi juga melibatkan peran aktif seluruh perangkat daerah.

“Selama ini pengembangan smart city dan e – government selalu dianalogikan menjadi tugas dari Diskominfo, padahal sebenarnya tugas bersama. Apalagi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik kini sudah menjadi indikator utama dalam evaluasi pembangunan. Jadi harus disupport dari segi pembiayaan, teknis bahkan harus didukung oleh pimpinan tertinggi.” Jelasnya

Ia menjelaskan bahwa penerapan smart city di Kota Sukabumi akan diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang tengah disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

“Dengan kegiatan ini akan kita evaluasi posisi kita, dan kita identifikasi langkah yang tepat untuk menuju tujuan bersama. Kemudian smart city ini akan kita sinkronkan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah.” Ujarnya

Bimtek evaluasi implementasi Smart City menghadirkan dua orang narasumber yaitu Prof. Dr. Harya Damar Widiputra, S.T.,M.Kom, Wakil Rektor Perbanas, dan Dwi Elfrida Martina dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90