Diduga Erosi Saluran Irigasi di Cirangkong Sumedang Roboh Para Petani Lakukan Gotong Royong

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Viky Rizki

koransinarpagi,Sumedang – Saluran Irigasi yang mengairi 3 Desa, ancur diduga tergerus aliran air dari sungai cileleuy, Kelurahan Cipamengpeuk, Kabupaten Sumedang, Sabtu (18/05).

Menurut Informasi, saluran irigasi yang roboh tersebut sepanjang 20 Meter kurang lebih. 42 petani berkumpul untuk membersihkan sisa bangunan yang roboh tersebut.

Surya (55) Mengungkapkan “kita lakukan kerja bakti atau gotong royong untuk membersihkan sisa sisa bangunan(benteng) saluran yang roboh, ini panjangnya kurang lebih 20 meter” Ucap Surya, Kepada Wartawan, di lokasi.

Lanjut Surya, menurut ia, “aliran irigasi sungai tersebut meliputi 3 wilayah salah satunya Tenjo negara , Nangorak dan Cipamengpeuk” Tuturnya

Irigasi tersebut sekarang tidak bisa berfungsi sementara, dan beberapa Sawah disekitarnya terancam kekeringan.

“Sempat ada petugas BWS meninjau lokasi ini, namun sampai sekarang belum ada tindak lanjut sampai akhirnya ditemukan sudah roboh irigasi ini” Tambahnya

Pada saat tim media meninjau lokasi,terpantau Radya Anom Karaton Sumedang Larang(KSL) Rd.Luky Dhohari Soemawilaga sedang membantu merapihkan bongkahan Irigasi tersebut bersama para petani dan masyarakat lainya.

Masyarakat berharap , pemerintah dapat meninjau langsung saluran irigasi tersebut yang di nilai penting untuk mengaliri tanaman pangan.

“Ya saya berharap pemerintah bisa melihat kondisi di Cirangkong ini, untuk mengairi pesawahan yang sedang kami garap. Karena sekarang untuk mengairi pesawahan kita menggunakan pompanisasi dengan dana Pribadi tanpa bantuan dari manapun” Harap Surya.*****

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90