Universitas Nurtanio Bandung Mengadakan Seminar Kegiatan KKN Sebagai Bentuk Luaran Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD) Sumedang 2024

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : VR

Koransinarpagi, Sumedang – Universitas Nurtanio Bandung (UNNUR) menyelenggarakan Seminar Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bagian dari upaya nyata dalam mendukung Pembangunan Desa melalui pendekatan Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD), Kamis (16/5)

Dalam acara yang diadakan di Sumedang, seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang peran KKN dalam memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dengan masyarakat, khususnya dalam konteks pembangunan desa.

Universitas Nurtanio Bandung mengadakan seminar melalui Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) oleh Ibu Dr. Lies Banowati, S.T.,M.T selaku Kepala LPPM dan DPA, dan Bapak Albert Kurniawan Purnomo, S.E., M.M selaku DPL.

Salah satu Mahasiswa Unnur , Abel Bima Chandra , yang secara bahu membahu bersinergi dengan 14 mahasiswa KKN lainnya dari Universitas Nurtanio dengan total sejumlah 15 orang sedang menjalankan KKN di wilayah tersebut terus berinovasi dengan dibagi menjadi beberapa sub tema saat seminar.

“Seminar ini salah satu bentuk kegiatan dari Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD) 2024 yang digagas oleh LLDIKTI dan PEMKAB SUMEDANG.” Ujar Abel , selaku Mahasiswa Unnur dan Ketua Pelaksana acara seminar tersebut, kepada Wartawan saat dikonfirmasi, dilokasi.

Acara seminar tersebut di gelar di Aula Kantor Kecamatan Sumedang Selatan, dengan dihadiri oleh Dra.Hj.Marlina,M.Si selaku Camat Sumedang Selatan, Bapak Marsma TNI (Purn) Dr Sukmo Gunardi, M.Si selaku Rektor Universitas Nurtanio Bandung
Ibu Dr. Dr. Hj. Tita Meirina Djuwita, M.Si selaku Warek I UNNUR, Bapak Marsma TNI (Purn) Heri Napitupulu S.E, M.M, CIQaR selaku Warek II UNNUR, Ibu Rita Margaretha, S.IP, M.Si selaku Warek III UNNUR beserta Dekan FT, FISIP, FIKI, FE dan juga perwakilan kepala program studi dan dosen dari masing masing prodi yang mahasiswanya mengikuti kegiatan KKN tersebut.

“Acara ini kita bagi menjadi 3 sub tema , yang pertama Pengembangan Sumber Daya Manusia, kedua Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup , yang ketiga Upaya Meningkatkan Perekonomian Inovasi dan UMKM” Ungkap Abel Bima Chandra

Ia juga menjelaskan inti dari kegiatan seminar ini untuk menjaga kestabilan ekosistem yang ada di lingkungan Sumedang selatan.

“Toward Circular Economy: Empowering Human Resources, Local Business and Waste Banks Collaboration bertujuan untuk menyebarkan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ekonomi berkelanjutan, khususnya dalam konteks ekonomi lingkaran (circular economy)” Jelas Abel.

Selain itu, lanjut Abel , acara ini juga bertujuan untuk membahas bagaimana sumber daya manusia (human resources) bisa kembangkan sebaik mungkin, juga bisnis lokal bisa berkembang, dan kolaborasi dengan bank sampah bisa efektif.

Dengan bukti nyata yang dilakukan mahasiswa KKN Unnur ini, mereka berharap bisa memberikan dampak yang manfaat kedepanya dan berkelanjutan.

“Dengan adanya kolaborasi dengan bank sampah dapat berperan dalam mendorong implementasi konsep ekonomi berkelanjutan tersebut.” Pungkasnya

Abel juga berharap dengan adanya seminar yang telah dilaksanakan dapat mengajak masyarakat luas dan peduli terhadap lingkunganya.*****

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90