Sukseskan PPDB Terbaik 2024, MKKS SMA Bandung Barat Komitmen Patuhi Pakta Integritas

  • Whatsapp
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Kabupaten Bandung Barat Tahun 2023-2026, Lina S.Pd, M.T bersama Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Drs. H. Wahyu Mijaya, S.H, M.Si saat menerima penghargaan sebagai Kepala Sekolah Hebat Istimewa Berprestasi FKKS 69 Jawa Barat
banner 768x98

Pewarta: Dwi-Deni HM

(Koran SINAR PAGI)-, Kick Off Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024 resmi dibuka oleh Pj. Gubernur Jabar, Bey Machmudin bersama Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya, Kepala Diskominfo Jabar, Ika Mardiah serta Forkopimda Jabar di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (8/5/2024).

Kick off ini juga diisi penandatanganan Komitmen Bersama dan Pakta Integritas oleh Ketua DPRD Jabar, Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Panglima Komando Daerah Jayakarta, Kepala Kepolisian Daerah Jabar, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar.

Penandatanganan Komitmen Bersama dan Pakta Integritas untuk memastikan pelaksanaan PPDB di Jabar berjalan lancar, objektif, transparan, dan akuntabel untuk memastikan hak setiap peserta didik mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas dan sebagai upaya mewujudkan PPDB terbaik 2024, tanpa siswa jalur titipan.

Selain itu, para wali murid diminta tidak percaya kepada orang yang menawarkan jasa titipan untuk memasukan siswa atau mencari bantuan kepada pihak lain yang dinilai mampu menerobos aturan yang berlaku. Karena hal itu cenderung akan merugikan banyak pihak dan mengotori nama baik sekolah.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Kabupaten Bandung Barat Tahun 2023-2026, Lina S.Pd, M.T menyatakan MKKS SMA Bandung Barat siap mewujudkan PPDB terbaik 2024, sesuai pakta integritas.

“Setelah ada penandatangan bersama oleh Forkompimda Jabar, para kepala sekolah merasa lebih tenang. Karena hal itu bagian dari komitmen bersama yang langsung diawali dari para pimpinan di Jawa Barat”, ucapnya

Menurutnya, selama ini para oknum yang seolah-olah ingin memaksa menitipkan siswanya sering mengatas namakan orang yang memiliki jabatan di pemerintahan atau pihak lain yang merasa mampu mengatur kepala sekolah.

Lina S.Pd, M.T mengajak para kepala sekolah di Bandung Barat untuk bersama mematuhi pakta integritasnya. “Kalau sampai ada transaksional saat PPDB, meloloskan siswa yang tidak memenuhi syarat, tergiur mencari keuntungan pribadi. Maka taruhannya adalah jabatan kepala sekolah”, ucapnya.

Menurutnya selain peran kepala sekolah untuk mewujudkan PPDB terbaik, peran operator PPDB di satuan pendidikan juga sangat menunjang, karena merekalah yang ikut serta membantu memasukan data siswa, jika ada orang tua siswa yang tidak bisa mendaftarkan secara mandiri. Dan juga sistem PPDB online yang dari tahun ke tahun semakin baik secara otomatis akan menunjang untuk mewujudkan PPDB terbaik.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90