Dihadapan Sekitar 3000 Jama’ah Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah, Pj Bupati Banyumas Sampaikan Makna dan Harapan Dari Madrasah Ramadhan

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

(Koran SINAR PAGI)-, Pemkab Banyumas menetapkan sholat Idul Fitri 1445 H pada 10 April 2024. Rabu pagi pukul 06.00 yang digelar di Alun Alun Purwokerto bersama Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro S.STP, M.Si.

Dalam awal sambutannya, Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro S.STP, M.Si menyampaikan Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah dan selamat datang para pemudik di wilayah Banyumas. “Marilah kita jadikan Idul Fitri ini sebagai momen untuk saling memberi maaf. Buang perasaan dendam, sirnakan keangkuhan ganti dengan senyum sapa yang tulus dengan penuh kekeluargaan dan persaudaaran atau kebersamaan”,ucapnya.

“Sungguh kebahagian bagi saya di tahun ini menjadi bagian keluarga masyarakat Banyumas. Mari bersama senantiasa berdo’a atas rizki karunia dan kemakmuran kabupaten Banyumas”,ungkapnya.

Menurutnya bagi kaum muslimin yang sama-sama menyakini bahwa bulan ramadhan merupakan madrasah yang sangat strategis untuk melatih orang-orang beriman menjadi pribadi yang taat, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, santun, bertanggung jawab dan memiliki kepedulian sosial kepada fakir miskin.

Pada hari ini saatnya mengangungkan hari raya dengan tahlil, takbir dan tahmid. Sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan meraih ketakwaan menjadi pribadi yang sejahtera sehat lahir dan batin.

“Atas nama Pemda Kabupaten Banyumas, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak kepolisian, alim ulama, tokoh daerah dan masyarakat yang secara bersama-sama berhasil mewujudkan Banyumas aman damai dan kondusif selama bulan ramadhan”,ungkapnya.

Informasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com diprediksi sekitar 3000 jama’ah sholat Idul Fitri memadati lapangan Alun-Alun Purwokerto.

Pada kesempatan tersebut, Khotib Idul Fitri, Drs. KH. Mughni Labib M.Si membahas tentang kriteria orang-orang yang meraih ketakwaan menurut qur’an surat  Al Imran Ayat 133-136.

133. Dan segeralah kamu kepada (mengerjakan amal-amal yang baik untuk mendapat) keampunan dari Tuhan kamu, dan (mendapat) Syurga yang bidangnya seluas segala langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa;

134. Iaitu orang-orang yang mendermakan hartanya pada masa senang dan susah, dan orang-orang yang menahan kemarahannya, dan orang-orang yang memaafkan kesalahan orang. Dan (ingatlah), Allah mengasihi orang-orang yang berbuat perkara-perkara yang baik;

135. Dan juga orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji, atau menganiaya diri sendiri, mereka segera ingat kepada Allah lalu memohon ampun akan dosa mereka – dan sememangnya tidak ada yang mengampunkan dosa-dosa melainkan Allah -, dan mereka juga tidak meneruskan perbuatan keji yang mereka telah lakukan itu, sedang mereka mengetahui (akan salahnya dan akibatnya).

136. Orang-orang yang demikian sifatnya, balasannya ialah keampunan dari Tuhan mereka, dan Syurga-syurga yang mengalir di bawahnya beberapa sungai, mereka kekal di dalamnya; dan yang demikian itulah sebaik-baik balasan (bagi) orang-orang yang beramal.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90