Pj Ketua TP PKK Sosialisasikan Stunting dan Pastikan Pelayanan Posyandu Berjalan Baik

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI, Kab. Belitung Timur,- Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Safriati Safrizal beserta pengurus mengunjungi Posyandu Melati di Desa Lilangan Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur guna memastikan pelayanan di Posyandu berjalan dengan baik, Kamis 22/2/2024.

Selain bertemu dan berbincang dengan para lansia, ibu hamil dan balita yang hadir, Safriati juga memastikan setiap meja pelayanan menjalankan fungsi dan memberi layanan kepada masyarakat sesuai dengan ketetapannya.

“Akhirnya saya bisa ke sini? Ke Posyandu Melati di Desa Lilangan. Alhamdulillah bisa bertatap muka dengan ibu-ibu semua,” sapanya.

“Saya ingin melihat secara langsung, bagaimana aktivitas di posyandu ini,” ungkapnya sebelum meninjau langsung meja-meja pelayanan.

Pada kesempatan ini, Safriati juga menyempatkan untuk terus menyosialisasikan tentang stunting. Bagaimana pada saat seorang ibu yang sedang hamil mencukupi nutrisi dari makanan yang tepat, mengkonsumsi vitamin hingga melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil.

“Bahwa stunting itu juga harus diketahui dan dipahami oleh masyarakat dari kalangan remaja kita, bagaimana persiapan memasuki usia pernikahan. Yang nanti akan hamil,” jelasnya.

“Untuk ibu hamil, ibu hamil juga perlu mempersiapkan tabungan ibu hamil,” tambahnya tegas.

Dirinya bersyukur, posyandu ini aktif, sehingga banyak dihadiri oleh balita, ibu hamil dan lansia dan PTM (Penyakit Tidak Menular).
Seperti hari ini, 42 anak Balita, 4 orang ibu hamil, 32 orang landia dan 43 orang PMT terdata hadir dan mendapat pelayanan kesehatan.

Pelayanan yang disediakan setidaknya meliputi pengecekan kesehatan, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita dan ibu hamil serta bingkisan.

Kepada salah satu Ibu dari seorang balita, Safriati berpesan untuk bisa menerapkan pola asuh yang tepat agar anak tumbuh sehat.

“Hari ini juga saya memberikan Vitamin A untuk anak-anak,” jelasnya saat memberikan langsung vitamin kepada salah seorang anak balita dan memberikan bingkisan yang berisi makanan ringan dan susu untuk anak-anak.

“Dikasih vitamin ini, agar abang sehat ya,” ujarnya kepada seorang anak sembari memberikan langsung vitamin A.

Diakhir kunjungan ini, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas posyandu dan para kader yang sudah aktif menjalankan fungsi posyandu di Desa Lilangan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90