Birokrat Magician

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Dudung Nurullah Koswara
(Praktisi Pendidikan)

Mungkin hanya ada di Jawa Barat, seorang birokrat pendidikan punya sebutan birokrat magician. Mengapa Ia punya julukan birokrat magician? Karena Ia adalah satu satunya birokrat yang punya keahlian main sulap.

Rabu hari kemarin, sejumlah kepala sekolah dibuat terpelongo. Mengapa? Karena Sang Birokrat Magician ini dalam pertemuan sebelum acara formal dimulai, Ia bermain sulap.

Bagaimana bisa sebuah cincin bisa bergerak sendiri naik ke atas, padahal tidak ada gerakan mendorong ke atas. Sang Birokrat Magician berkelakar, “Cin cin ini ada kekuatan magicnya”.

Sejumlah atraksi sulap lainnya diperlihatkan dan membuat para kepala sekolah terpelongo. Inilah unikasi dari Sang Birokrat Magician, Dr. Abur Mustikawanto, yang kin jadi Kepala KCD Wil 1.

Dalam pikiran Saya, sunggguh akan sangat baik bila ilmu sulap ini dimiliki para guru. Mengapa demikian? Akan sangat berguna untuk “menghipnotis” anak didik di ruang kelas.

Bila anak didik sudah jenuh dengan mata pelajaran maka Sang Guru bisa ice breaking dengan sulap. Pasti anak akan fokus dan tertarik. Apalagi bila Sang Guru bisa membuat anak didik melayang di ruang kelas, atau bisa menghilangkan anak didik, dalam sulapnya.

Bukan sebaliknya ada guru yang “bermain sulap” datang terlambat di ruang kelas. Sudah bel KBM mulai, gurunya baru datang. Hal terbaik adalah guru teladan dalam waktu dan mengajar dengan mengasyikan.

Mengajar mengasyikan dengan sajian sulap, mengapa tidak? Saya masih ingat perkataan KH Syaiful Karim yang mengatakan bahwa dirinya tidak suka mengabesen kehadiran siswa atau mahasiswa.

Mengapa tidak melakukan presensi? Karena menurut dirinya presensi terbaik adalah menjadi guru terbaik, terutama saat pertama kali masuk ruang kelas. Guru harus menarik dan memesona.

Sulap yang menarik dan membuat anak terpelongo di dalam kelas, bisa menjadi daya tarik bagi anak didik. Anak didik akan hadir lebih antusias karena gurunya baik, ngajarnya asyik dan ada sulapnya. Mengapa tidak guru belajar sulap?

Terimakasih Dr. Abur Mustikawanto yang telah memberikan sebuah inspirasi pentingnya kita punya sebuah keahlian yang membuat orang lain suka, fokus dan penasaran. Birokrat Magician, mengapa tidak?

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90