Datangi BPN, Warga Desa Cimarias Sumedang Sampaikan Aspirasi Tolak Perpanjangan Kontrak PT. Subur Setiadi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Jeky Epsa

Koran Sinar Pagi, Sumedang- Sejumlah warga Desa Cimarias, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (.BPN) Sumedang di Jalan Pangeran Kornel No.264 untuk menyampaika aspirasi penolakan atas perpanjangan kontrak PT. Subur Setiadi yang berlokasi di Desa Cimarias.

Dari penjelasan Kepala Desa Cimarias, Mamat Rohmat, dikatakan bila alasan penolakan itu karena PT.Subur Setiadi selama ini tidak memberikan kontribusi sama sekali terhadap warga Cimarias.
” Akibat itu warga sepakat menolak perpanjangan kontrak PT Subur Setiadi, karena wilayah lahan perusahan itu di Desa Cimarias ada kurang lebih seluas 360 hektar dan ada sebagian di wilayah desa lain”, ujar Kepala Desa Cimarias, Mamat Rohmat, kepada koransinarpagijuara.com, usai ke kantor BPN, Senin, ( 18/12/2023).

Penegasan tidak adanya kontribusi ke pihak warga dirasakan Mamat bila selana kepemimpinan dirinya menjadi kepala desa Cimarias, PT Subur Setiadi tidak pernah ada kontribusi sama sekali.

” Selama 11 tahun saya menjadi kepala Desa Cimarias tidak ada kontribusi apapun ke warga malah dampaknya jalan perlintasan antara Desa Cimarias dan Desa Cinangerang, yang dipakai oleh PT Subur Setiadi rusak berat dan sangat disesalkan tidak ada perhatian sama sekali dari perusahaan itu”, tandas Mamat.

Selain itu juga tambah dia, selain berdampak rusak nya infrastruktur juga tak ada CSR apapun untuk warga.

Masih dikatakan Mamat dalam upaya penolakan ini warga Cimarias sebelumnya juga pernah menyampaikan aspirasi penolakan ke PJ Bupati Sumedang, DPRD Kabupaten Sumedang dan kini ke BPN.

“Sebelumnya upaya penolakan ini sudah disampaikan ke PJ Bupati Sumedang, DPRD Sumedang, dan kini ke Kantor BPN Sumedang”; jelas Mamat.

Sementara itu terkait aspirasi penolakan warga Desa Cimarias kepala kantor BPN melalui Kasubag TU BPN Sumedang, Abdul Rosyid, menyatakan akan segera menyikapi aspirasi ini dalam waktu dekat.

” Kami akan segera berkoordinasi dan segera akan menurunkan tim ke lapangan untuk mempelajari kenapa hal itu bisa terjadi hingga warga Desa Cimarias pun datang menyampaikan aspirasi penolakan perpanjangan kontrak PT. Subur Setiadi”, ujar Abdul Rosyid.

Sebaiknya memang, lanjut dia, keberadaan perusahaan itu bisa mempengaruhi pertumbuhan perekonomian warga di wilayah itu, ungkap nya.

Terkait penolakan warga Desa Cimarias sampai berita ini ditanyangkan belum diperoleh keterangan dari pihak PT. Subur Setiadi.****

.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90