Swadaya Masyarakat Memperbaiki Jalan Rusak

  • Whatsapp
banner 768x98

Oleh : Yuni Irawati (Ibu Rumah Tangga)

Warga dan Pengguna jalan Sodong-Cilame, Desa Cilame, Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung sudah sejak lama ini mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah. Rusaknya kondisi jalan ini sudah lama dibiarkan dan memang tidak mendapatkan perhatian pemerintah melalui dinas pekerjaan umum tata ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung. Untuk diketahui, jalan Sodong-Cilame merupakan akses penghubung kabupaten Bandung dengan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dan memang banyak warga yang menggunakan akses tersebut, khususnya warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Cililin, KBB dan Desa Cilame, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Karena ketidak nyamanan masyarakat dengan kondisi rusaknya jalan tersebut, Warga Desa Cilame, berswadaya untuk memperbaikinya.

Seperti kita ketahui di kondisi sekarang ini keamanan dan kenyamanan bagi rakyat, tidak termasuk hal utama untuk diwujudkan oleh pemimpin. Dilain sisi, pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur secara jor-joran, tapi di sisi lain pemerintah seakan tak peduli dengan keadaan jalan-jalan utama yang notabene sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam rangka memenuhi hajat hidupnya. Kondisi rusaknya jalan jelas menghambat aktivitas masyarakat, maka sangat tidak elok dipandang jika dengan rusaknya akses jalan utama rusak lalu masyarakat yang bergerak. Swadaya masyarakat ini membuktikan jika pemerintah benar-benar lalai dan abai terhadap urusan masyarakat.
Pemerintah tidak bertanggung jawab penuh atas kebutuhan masyarakat. Jelas, peran negara saat ini hanya menjadi regulator bagi para korporator. Inilah dampak dari sistem yang diterapkan saat ini yaitu sistem kapitalis sekuler yang berasaskan manfaat dan meraih untung yang sebesar-besarnya.
Terbukt dalam pembangunan infrastruktur, negara memang membangun infrastruktur dengan kualitas bagus, aman dan nyaman jika ada keuntungan materi yang diperoleh sebagaimana berbisnis atau berniaga. Dan jikalau jalan dibangun untuk kesejahteraan rakyat terbukti dibuat asal-asalan sehingga cepat rusak dan tidak nyaman untuk digunakan.

Inilah watak dari rezim saat ini yang dipengaruhi pemikiran kapitalisme-sekuler, pengurusan yang dilakukan tidak berlandaskan rasa tanggung jawab melainkan hanya upaya untuk menggugurkan kewajiban ala kadarnya.

Dalam sistem kapitalis ini, meriayah (mengurusi) kebutuhan masyarakat tidak menjadi skala prioritas yang harus diutamakan. Itu sebabnya situasi yang terjadi saat ini adalah sikap pengabaian akan tanggung jawabnya sebagai pengurus rakyat. Akhirnya masyarakatlah yang mencoba mencari solusi sendiri dengan menggalang dana dan menggunakan tenaganya bergotong royong demi kenyamanan dan keamanan bertransportasi.

Berbeda dalam sistem Islam (Khilafah), kepala negara yaitu khalifah bertanggung jawab membuat jalan berkualitas disepanjang wilayah kekuasaannya. Ini juga dilakukan secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya sepeserpun dari rakyatnya. Hal ini memang tanggung jawab dan bukti pengurusan khalifah kepada rakyatnya. Tentu dalam sistem khilafah itu adalah hal yang mudah untuk membangun jalan-jalan yang aman dan nyaman meskipun berbiaya mahal. Negara khilafah mampu membiayai pembangunan- pembangunan infrastruktur tersebut. Karena sistem keuangan negara meniscayakan sumber pemasukan negara yang cukup dan berlimpah di kas negara (baitul mal).

Negara juga sudah tidak membutuhkan pihak swasta bahkan pihak asing untuk membangun jalan. Rakyat pun tidak perlu untuk merogoh kocek yang dalam jika ingin melalui jalan tersebut. Sebab pemasukan dari baitul mal diperoleh dari harta pengelolaan milik negara dan milik umum yang dialokasikan salah satunya untuk membiayai pembangunan fasilitas umum seperti jalan, jembatan, bendungan dll. Jika khalifah saja sangat takut kalau ada hewan tunggangan yang tergelincir dikarenakan jalan yang tidak rata, apalagi terhadap manusia yang menjadi warga negaranya. Pastinya khalifah akan benar-benar menjaga nyawa dan harta rakyatnya dengan membuat jalan yang aman dan juga nyaman.

Wallahu’alam bishawab

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90