Bupati Ciamis : Kirab Pemilu Sarana Sosialisasikan dan Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Kabupaten Ciamis – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat melakukan serah terima estafet kirab Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kirab pemilu tersebut diterima secara langsung oleh Ketua dan Sekretaris KPU Kabupaten Ciamis, bertempat di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Sabtu (04/11/2023).

Peluncuran Kirab Pemilu 2024 merupakan bentuk memperingati setahun menuju hari pemungutan suara Pemilu serentak tahun 2024 yang telah dilepas semenjak 14 Februari 2023 lalu.

Di Kabupaten Ciamis Kirab Pemilu ditandai dengan arak-arakan bendera Partai Politik (Parpol) seluruh peserta Pemilu 2024 dimulai Kantor KPU Ciamis menuju Kantor Bupati Ciamis, dan dihadiri oleh para Unsur Forkopimda, pimpinan Partai Politik serta PPK dan PPS se Kabupaten Ciamis.

Kirab Pemilu nantinya akan berkeliling ke seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan rasa optimis nya bahwa pelaksanaan pemilu di Kabupaten Ciamis 2024 mendatang akan berjalan aman, nyaman dan tertib.

Hal itu bukan tanpa alasan, Bupati menilai para pimpinan partai politik di Kabupaten Ciamis nampak bertoleransi dengan saling menghormati dan saling menghargai satu sama lainnya.

“Saya optimis pemilu 2024 mendatang insyallah Ciamis akan berjalan tertib, ini sangat nampak sekali pimpinan partai politik toleransi luar biasa saling menghormati menghargai untuk kesuksesan pemilu,” ucapnya.

Bupati Herdiat menyampaikan Kirab Pemilu ini merupakan bentuk sosialisasi pada masyarakat yang salah satunya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu yang pelaksanaanya tingal menghitung hari.

“Pemilu sebelumnya, partisipasi masyarakat di Kabupaten Ciamis mencapai 82 persen, saya berharap pada pelaksanaan pemilu mendatang bisa mencapai 85 persen minimal,” jelasnya.

“Hal itu dapat dicapai jika masyarakat dapat sama-sama berbondong-bondong datang ke TPS melaksanakan hak pilihnya, ” Imbuh Bupati.

Selanjutnya, kepada para peserta kirab Bupati berpesan untuk tetap berhati-hati dan selalu waspada dengan tetap menghormati masyarakat para pengguna jalan serta taat pada rambu-rambu lalu lintas.

“Sosialisasikan kirab ini ke seluruh pelosok Kabupaten Ciamis sehingga masyarakat tau bahwa pemilu 2024 akan dilaksanakan 14 februari,” tandasnya.

Dipenghujung acara diilaksanakan pula pengucapan deklarasi pemilu oleh seluruh peserta, dengan dipimpin langsung oleh ketua KPU Kabupaten Ciamis, Sarno Maulana Rahayu.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90