Radya Anom Karaton Sumedang Larang YM Rd. Luky Djohari Soemawilaga: Budaya Harus Kita Jaga

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: S. Gervan

Koran Sinar Pagi, Sumedang – Desa Ujung Jaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, mengadakan Milangkala yang ke-2 Dangkhyang Alam Kahuripan pada Selasa 17 Oktober 2023. Keluarga Karaton Sumedang Larang (KSL) hadiri acara Milangkala yang diwakili oleh Radya Anom KSL YM Rd. Luky Djohari Soemawilaga.

Ketika dilokasi, Radya Anom KSL YM Rd. Luky Djohari Soemawilaga mengatakan, terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mengundang kami Keluarga Karaton Sumedang Larang dalam acara Milangkala Dangkhyang Alam Kahuripan yang ke-2 ini. Selasa (17/12023)

Acara umum yang digelar oleh Panitia dalam acara Milangkala ini adalah Rajah dan Kecapi Dakhwah yang dibacakan oleh Rd. Asep Sulaiman Fadil Adiwinata (Asep Djamoe) dan Rd. Ahmad Surya.

“Saya bersama Keluarga Karaton Sumedang Larang betul-betul mendoakan dalam acara Milangkala Dangkhyang Alam Kahuripan ini semoga bisa menghidupkan kembali budaya yang ada di Desa Ujung Jaya ini,” ucap Rd. Luky

Masih dilokasi yang sama, Rd. Luky memaparkan, tadi sudah di dengar oleh kita semua bahwa tujuannya acara ini dilaksanakan adalah melestarikan budaya atau melestarikan situs yang ada di Desa ini. Bagi saya, adat budaya yang ada di manapun khususnya disini harus dijaga.

“Karena perlu kita ketahui, bahwa Sumedang sekarang menjadi Sumedang Puser Budaya Sunda (SPBS) yang menjadi simbol legitimasi nya adalah Mahkota Binokasih, ini adalah sebagai dasar bahwa Sumedang menjadi SPBS,” tungkasnya

Lanjut Rd. Luky, kita harus bangga, bukan bangga karena ria, tetapi bangga kita bisa menggali, mengkaji, atau meneliti isi Mahkota Binokasih yang didalamnya terdapat potensi yang adiluhung.

Turut hadir dalam acara, Lembaga Adat Desa (LAD) Ujung Jaya, Kepala Desa Ujung Jaya, Masyarakat Kecamatan Ujung Jaya, dan Masyarakat Adat setempat.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90