Kadis Perindag Maluku, Temui Komisi III Bahas Kondisi Inflasi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Roy P

Kota Ambon – Komisi III DPRD Maluku menggelar rapat kerja bersama pengusaha di kota ambon dalam rangka melakukan mediasi sejumlah pihak membahas kebijakan merdeka diskon yang dinilai merugikan.

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Maluku, Senin 04/09/23, dipimpin Ketua Komisi III, Richard Rahakbauw.

Pada pertemuan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag), Yahya Kota, dalam penjelasannya mengaku, ada beberapa hal terkait kegiatan pekan diskon atau merdeka diskon.

“Menyikapi kondisi inflasi di Maluku terutama 2023 angka inflasi 4-6 persen, bahkan mencapai inflasi tertinggi seluruh Indonesia di bulan Juni.” ungkapnya.

Dikhawatirkan HUT RI dan HUT provinsi belanja masyarakat memicu tingginya inflasi, maka upaya mengendalikan kenaikan inflasi oleh Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku dengan melakukan berbagai hal.

“Tapi belum bisa menekan angka inflasi. Oleh sebab itu ada langkah-langkah penyediaan bahan pokok melalui diskon yang diamanatkan oleh menteri perdagangan. Bahwa ada barang barang yang bisa di diskon dengan kualifikasi tertentu,” jelas Yahya.

Dirinya menambahkan, tujuan untuk menekan tingginya lonjakan inflasi di bulan Agustus, karena inflasi di bulan Agustus turun sekitar 3.6 persen. Program merdeka diskon juga tidak ada unsur paksaan.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi III Richard Rahakbauw mengatakan.

“Akan melakukan evaluasi dan memanggil TGPP untuk membicarakan masalah ataupun kebijakan pemprov dalam memperingati perayaan hari-hari besar, seperti kebijakan diskon yang terjadi di saat HUT RI dan HUT Provinsi Maluku.” ujarnya

Kiranya nanti lanjut Rahakbauw, diputuskan agar memenuhi kebutuhan masyarakat dan tidak merugikan pengusaha artinya menguntungkan kedua bela pihak.

Diketahui Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Maluku dan dikoordinir oleh Disperindag Maluku, melibatkan sekitar 53 stakeholder di Kota Ambon baik pelaku usaha, jasa transportasi hingga ritel modern dengan memberikan diskon. (potongan harga) kepada konsumen minimal 20 persen baik barang atau jasa.

Diskon dilakukan ritel modern maupun lokal diantaranya oasis, alfa makro, planet yang akan disediakan diskon untuk barang-barang tertentu.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90