RSUD Ir Sukarno Kepulauan Babel Hadirkan Layanan Kemoterapi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI,- BATURUSA,– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr (HC) Ir Sukarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terus menghadirkan sejumlah terobosan, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan terbaik, bagi masyarakat Negeri Serumpun Sebalai.

Salah satu terobosan yang teranyar, yakni dengan menghadirkan Layanan Kemoterapi, yang secara resmi dilaunching, oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, di RSUP Soekarno, pada Senin (25/9/2023).

“Saya mengucapkan selamat, sekaligus mengapresiasi seluruh tim medis serta semua pihak yang telah berjuang keras, dalam merealisasikan pelayanan kemoterapi ini,” ucap Pj Gubernur Suganda mengawali sambutannya.

Orang nomor satu di Kepulauan Babel itu mengatakan bahwa fasilitas tersebut sangat diperlukan masyarakat, mengingat selama ini pasien kanker harus dirujuk keluar Kepulauan Babel untuk melakukan kemoterapi.

“Hadirnya fasilitas layanan kemoterapi ini, menjadi harapan baru bagi pasien kanker yang ada di Kepulauan Babel, karena sekarang mereka tak perlu jauh-jauh ke daerah lain untuk kemoterapi. Semoga ini bisa menjadi jalan agar saudara kita bisa kembali sehat,” tuturnya.

Diketahui, berdasarkan data yang disampaikan oleh Deputi Wilayah III BPJS Kesehatan, Yudi Bastis, terdapat 300 pasien terdaftar di BPJS Kesehatan, harus dirujuk ke Jakarta dan Palembang, guna melakukan kemoterapi.

Di kesempatan yang sama, Direktur RSUD DR. (H.C) IR. Soekarno Kepulauan Babel, dr Ira Ajeng Astried menyebut, hadirnya pelayanan kemoterapi di rumah sakit tersebut, merupakan jawaban dari kebutuhan ratusan pasien kemoterapi di Kepulauan Babel.

“Hari ini, jadi salah satu momentum besar bagi perjalanan RSUD Dr (HC) Ir Sukarno Kepulauan Babel. Kita tidak hanya membuka fasilitas baru, akan tetapi kita juga membuka pintu harapan bagi ratusan pasien, untuk melawan penyakit yang mereka derita,” ungkapnya.

Sejak berdirinya rumah sakit tersebut, kata dr Ira, pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan berkualitas, bagi masyarakat Kepulauan Babel.

Menurutnya, kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi fokus utama di RSUD Dr (HC) Ir Sukarno Kepulauan Babel. Untuk itu, dia berharap, hadirnya layanan kemoterapi di rumah sakit tersebut, dapat jadi tonggak bersejarah dalam upaya pihaknya memerangi penyakit kanker.

“Proses kemoterapi, bukanlah proses terapi yang mudah, terutama bagi pasien maupun keluarga. Namun dengan dukungan peralatan dan tim medis yang kompeten, kami harapkan pasien maupun keluarga, mendapatkan pelayanan yang terbaik. Kami akan mendukung proses pengobatan pasien hingga tuntas,” ujarnya.

“Kami tidak hanya memberikan perawatan medis, tapi kami juga akan memberikan dukungan emosional dan informasi yang dibutuhkan, untuk menghadapi perjalanan, serta memberikan keyakinan dan harapan bahwa pasien akan memperoleh kesembuhan. Dengan tekad yang kuat kita harus bisa memerangi penyakit kanker, khususnya di Kepulauan Babel ini,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Ketua DPRD, Kadiskominfo dan Kepala Dinas Kesehatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel serta sejumlah instansi maupun stakeholder terkait.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90