Hari Jadi Ke 153, Festival Bunga Jadi Ikon Kebanggaan Kab.Sukabumi

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Arief

Kabupaten Sukabumi – Puluhan kendaraan hias turut meriahkan Festival Bunga Sukabumi Suka Bunga 2023 di Palabuhanratu, Minggu (17/09/2023). Kendaraan yang dihiasi berbagai bunga hias ini, merupakan kreasi dari setiap perangkat daerah hingga Perumda Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan yang merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke 153 ini, sekaligus dijadikan ajang promosi pariwisata dan pertanian dipadukan dengan fashion show batik ngabumi. Di mana, batik tersebut menjadi salah satu ikon di perayaan HJKS ke 153.

Tidak hanya itu saja, berbagai penampilan seni dan kebudayaan Sunda pun cukup kental dalam acara tersebut. Bahkan, kepala daerah Kabupaten Sukabumi, Forkopimda, hingga tamu undangan menggunakan pakaian tradisional Sunda.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, bunga hias merupakan salah satu hasil Pertanian Unggulan Kabupaten Sukabumi. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengupayakan berbagai hal agar bunga hias semakin dikenal, salah satunya lewat festival ini.

“Bunga hias ini merupakan salah satu kebanggaan dari hasil pertanian di Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu,kami berupaya mendorong produksi dan promosi bunga hias itu, salah satunya melalui festival ini,” ujarnya.

Pasalnya, H. Marwan meyakini pengenalan hasil pertanian melalui pariwisata akan berdampak besar.

“Berbagai produk unggulan, kita coba buatkan festival. Kita ada Festival Bunga Hias, Durian, Campedak, dan berbagai hasil Pertanian lainnya,” ucapnya.

Berkaitan potensi melimpah yang dimiliki Kabupaten Sukabumi, H. Marwan mengajak masyarakat untuk ikut serta mempromosikannya.

“Sukabumi ini milik kita bersama, jadi mari bersama-sama menjaga, melestarikan, dan mempromosikan daerah yang memiliki Tagline Gurilapss,” ungkapnya.

Dirinya meyakini, kolaborasi menjadi kunci keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, peran masyarakat pun sangat penting dalam memajukan Kabupaten Sukabumi.

“Keberhasilan festival bunga ini juga, berkat kolaborasi yang sangat apik dari semua pihak,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian sekaligus Panitia Penyelenggara Festival Bunga 2023 Sri Hastuti Harahap menambahkan, penyelenggaraan festival bunga pun sebagai rasa syukur atas limpahan berkah kepada Kabupaten Sukabumi, termasuk mempromosikan potensi unggulan pertanian Kabupaten Sukabumi.

“Lewat promosi ini, akan ada multiplier effect. Baik kepada petani, pedagang, hingga kreator bunga hias,” bebernya.

Festival Bunga ini setiap tahun diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi.

“Tahun ini ada sekitar 52 kendaraan hias yang ikut serta. Semoga melalui berbagai kegiatan Kabupaten Sukabumi bisa lebih berkembang dan masyarakatnya bahagia,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90