BPK dan Dispudpar Kabupaten Bandung Hadiri Pagelaran Patriot Siliwangi Sejati

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: S. Gervan Epsa

Koran Sinar Pagi, Bandung – Sebagai bentuk ngamumule budaya di Jawa Barat, Patriot Siliwangi Sejati (PSS) mengadakan Pagelaran Budaya dengan tema “Kalayan Sumanget Juang Wangsit Siliwangi, terus melaju untuk Indonesia Maju”. Acara tersebut digelar dalam memperingati HUT RI ke 78, di Villa Bumi Ageung, kp. Cijala, Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Rabu (6/9/2023).

Selain Ketua Dewan Pembina PSS Iwan Sejati, S.A.P., Acara dihadiri langsung oleh Kepala Balai Pelestari Kebudayaan (BPK) IX Wilayah Kerja Provinsi Jawa Barat Dra. Dwi Ratna Nurhajarini, S.Hum., Beserta staf Cut Dewi Mayangsari dan Vela Zuharni, Kabid Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Bandung H. Apih Cuncun, Perwakilan Kecamatan Cilengkrang, Perwakilan Desa Girimekar, Babinsa Cilengkrang, Tokoh Budaya, Pengurus Patriot Siliwangi Sejati beserta jajaran anggota dan tamu undangan.

Kabid Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Bandung H. Apih Cuncun, sangat mengapresiasi dengan adanya pagelaran budaya ini, “hebat pisan, paling tidak hal kaitan untuk melaksanakan pelestarian diantaranya memang ini. Dan sesuai dengan UU no.5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan. Dan Alhamdulillah di Kabupaten Bandung berkat bapak Bupati yang sekarang bahwa UU tersebut telah jadi Perda. Terus terang saja se Jawa Barat baru Kabupaten Bandung yang punya Perda No.5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan kemajuan kebudayaan,” Ucapnya.

Apih Cuncun berharap khususnya untuk Patriot Siliwangi Sejati yang selalu rindu yang selalu melestarikan hal kaitan dengan pelaksanaan pelestarian kebudayaan ini menjadikan suatu motivator atau contoh terutama buat seni-seni budaya yang ada di Kabupaten Bandung itu secara kewajiban tupoksi kami Khususnya di Disbudpar Kabupaten Bandung Bidang Kebudayaan itu merupakan hal-hal yang prioritas terutama hal kaitan dalam penyelenggaraan dalam pelaksanaan dari kebudayaan.

Kebudayaan itu tidak hanya sebatas seni dan budayanya saja menurut Apih Cuncun, kebudayaan itu luas sesuai dengan harapan dengan undang-undang tersebut kebudayaan itu adalah luas terutama hal kaitan ke prilaku manusia punya budaya masing-masing, setiap insan setiap rumah atau mungkin keluarga punya budaya masing-masing.

“Makanya saya minta dorongan khususnya dari masyarakat terutama kepada bapak-bapak yang terhormat yang ada di Dewan coba anggaran untuk kebudayaan lebih ditingkatkan lagi.” Pungkas Apih Cuncun.

Kepala Balai Pelestari Kebudayaan (BPK) IX Wilayah Kerja Provinsi Jawa Barat Dra. Dwi Ratna Nurhajarini, S.Hum., berikan ucapan selamat kepada Patriot Siliwangi Sejati yang terus bisa memelihara dan memajukan kebudayaan dalam berbagai bidang. Jadi ada objek-objek kemajuan kebudayaan itu mudah-mudahan semua bisa terakomodir.

“kegiatan-kegiatan yang sudah maupun yang akan dilakukan tentunya kami sebagai fasilitator dari pemerintah dukungan untuk bisa diskusi, maupun yang sekarang melakukan kerja bersama bisa terus kita jalin dan terus mengembangkan jejaring juga untuk kemajuan kebudayaan, karena kita tidak bisa sendiri kita akan menjadi semakin kuat dengan stakeholder yang ada.” Ucap Dwi Ratna saat diwawancara.

Sementara itu Ketua Umum PSS Endin Suhendar merasa bersyukur dan sangat berterima kasih kepada Dra. Dwi Ratna Nurhajarini, S.Hum., yang telah peduli kepada budaya, “semoga dalam kegiatan ini bisa berkelanjutan di kemudian hari.” Harapnya.

Sementara itu rasa syukur dan bahagia disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina PSS Iwan Sejati, S.A.P., karena bisa mengadakan Pagelaran Budaya dalam rangka HUT RI ke 78 tahun 2023.

“Alhamdulillah kami dari Patriot Siliwangi Sejati diberikan kesempatan oleh Balai Pelestari Kebudayaan (BPK) IX wilayah kerja Jawa Barat yang di pimpin oleh Kepala Balai Ibu Dwi Ratna Nurhajarini, S.Hum., dengan sigapnya menghadiri langsung kegiatan ini dengan jajanannya, Alhamdulillah kami sangat dibantu, didukung dan di support. Semoga acara-acara kedepan terutama untuk Patriot Siliwangi Sejati terus didukung oleh pihak Kemendikbud ristek RI, sehingga bisa berlanjut dalam rangka ngamumule budaya di Jawa Barat ini.” Pungkas Iwan.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90