Duta Humas Pandu Citraloka Jateng 2023 Jadi Buzzer Berita Baik & Agen Penangkal Hoaks

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Dwi Arifin

Koran SINAR PAGI (Semarang)-, Laelatul Maghfiroh dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas, terpilih sebagai Duta Humas Pandu Citraloka 2023. Laela Mahasiswa Universitas Nahdatul Ulama Purwokerto tersebut berhasil mengungguli 5 finalis lainya pada bagian lomba dari Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka 2023, yang diselenggarakan Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, untuk melahirkan pandu yang siap membanjiri kanal informasi dengan berita positif.

Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh dalam sambutannya yang dibacakan Waka Bidang Humas dan Informatika Riena Retnaningrum, mengatakan, melalui acara ini, pramuka Jawa Tengah diharapkan dapat menebar berita positif dan menangkal berita hoaks yang marak di tengah masyarakat.

“Pramuka bisa menjadi pewarta, baik kegiatan pramuka maupun kegiatan lainnya. Menjadi buzzer berita baik, dan menjadi agen penangkal hoaks, serta mempersatukan bangsa,” ujarnya di Halaman Gedung Pramuka Lantai 5. Jalan Pahlawan No. 8 Semarang, Jumat (25/8/2023) malam.

Ia menambahkan, ajang yang telah dihelat untuk kali ketiga sejak tahun 2021 tersebut pesertanya terus meningkat dan diikuti 29 Kwarcab. Pandu Citraloka terdiri atas empat lomba yakni Lomba Film Pendek, Iklan Layanan Masyarat, dan Video Pembelajaran Kepramukaan. Adapun lomba yang paling bergengsi adalah lomba Duta Humas Pramuka Jawa Tengah.

Waka Bidang Humas dan Informatika Riena Retnaningrum yang juga Kepala Diskominfo Jawa Tengah, menambahkan, para pemenang harus siap turun ke masyarakat. Mereka dituntut untuk dapat memberi pencerahan di tengah disrupsi informasi dan agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Sekretaris Bidang Humas dan Informatika Kwarcab Banyumas, Parsito mengaku bersyukur atas raihan prestasi pada Anugerah Pandu Citraloka tahun 2023.

“Alhamdulillah Kwarcab Banyumas tetap menjaga tradisi juara dengan meraih 5 penghargaan. Selain Kak Ella yang berhasil menjadi Juara 1 Duta Humas, ada penghargaan lain yaitu video pembelajaran mendapat 2 penghargaan yaitu juara 1 yang diraih oleh Tim SMP Negeri 4 Purwokerto serta juara harapan 3 yang diraih oleh SD QITA Kedungbanteng. Lomba Iklan Layanan Masyarakat Tim Pragespro SMP Negeri 2 Purwokerto menjadi Juara Harapan 2 serta Juara Duta Humas Kategori Protokoler Terbaik yang diraih oleh M Haykal Pratama Putra dari SMK Wiworotomo Purwokerto,” jelasnya.

Parsito menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung para peserta sehingga mampu meraih prestasi.

“Kepada peserta yang belum berprestasi, kami juga mengucapkan terima kasih. Kalian juara dihati kami, terus berkarya dan semoga meraih sukses kedepanya,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90