Pj Gubernur Suganda Tanda Tangani Komitmen Bersama Mewujudkan Pemilu Damai 2024

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Sermon Simanihuruk

Koran SINAR PAGI, PANGKALPINANG,- Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, menghadiri kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama Untuk Mewujudkan Pemilu Damai 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan bersama antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kep. Babel, dan Kepolisian Daerah (Polda) Kep. Babel tersebut dilaksanakan di Ballroom Grand Safran Hotel, Pangkalpinang, Kamis (24/8/2023).

Sebelum ditandatangani, komitmen bersama terlebih dahulu dibacakan oleh perwakilan masing-masing partai politik (Parpol), serta perwakilan elemen masyarakat, yang dipimpin Ketua Bawaslu Prov. Kep. Babel Em Osykar, dan disaksikan Pj Gubernur, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang hadir.

Komitmen bersama tersebut berbunyi :
Peserta Pemilu 2024 beserta seluruh elemen masyarakat Prov. Kep. Babel berkomitmen :
1. Siap menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI untuk menjaga nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
2. Siap mendukung Pemilu 2024 yang berintegritas tanpa _hoax_, ujaran kebencian, politisasi SARA, politik identitas, dan _money politic_.
3. Siap mewujudkan Pemilu 2024 yang bersih, bermartabat, sejuk, aman, damai dan kondusif.

Usai dibacakan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama. Penandatanganan diawali Pj Gubernur Suganda, disusul jajaran forkopimda, perwakilan dari tiap parpol, elemen masyarakat, perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kep. Babel, serta Bawaslu Provinsi Kep. Babel.

Ditemui usai penandatanganan, Pj Gubernur Suganda berharap komitmen bersama ini dapat mencerminkan kesiapan seluruh elemen, baik pengawas, penyelenggara, peserta pemilu, maupun masyarakat untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, aman, dan kondusif di Kep. Babel.

“Komitmen bersama ini penting dilakukan, karena dengan komitmen ini mudah-mudahan kita semua, terutama partai politik peserta pemilu bisa mengikuti semua aturan yang ada, sehingga pemilu dapat dilaksanakan dengan damai, baik itu dalam masa kampanye ataupun nanti pada waktu pencoblosan,” ucapnya.

Selain itu, Pj Gubernur Suganda juga mengimbau kepada masyakarakat Kep. Babel untuk menjalankan rangkaian pesta demokrasi 2024 dengan damai, tidak terkotak-kotakkan oleh perbedaan pilihan, dan tetap saling berdampingan. Hal ini penting menurutnya guna menjaga pesta demokrasi tetap kondusif hingga ditetapkannya calon yang terpilih.

“Namanya pesta demokrasi ya harus senang-senang, masyarakat jangan mau terkotak-kotakkan oleh pilihan, berikan suara sesuai pilihan, namun tetap damai dan saling berdampingan,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kapolda Kep. Babel Irjen Pol Yan Sultra. Ia berharap pemilu di Kep. Babel dapat berjalan lancar, aman, dan damai. Komitmen bersama ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengawas, penyelenggara, maupun peserta pemilu untuk tidak melakukan kecurangan dalam setiap tahapan.

“Komitmen bersama ini seyogyanya harus kita patuhi, tidak hanya sekadar dibaca, dan ditandatangani sebagai seremoni, namun juga harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ucap Kapolda.

Saat ini, tahapan Pemilu di Prov. Kep. Babel memasuki masa tanggapan masyarakat terhadap Daftar Calon Sementara (DCS), sebelum ditetapkan menjadi Daftar Calon Tetap (DCT) pada Oktober 2023 mendatang.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90