Upaya Lestaraikan Budaya, Pameran Batu Akik Piala Mahkota Raja Sumedang pun Digelar, Dibuka Oleh Pihak Keraton Sumedang Larang (KSL)

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Rizki Vicky Epsa

Koran Sinar Pagi, Sumedang – Batu akik kembali mengambil perhatian di Kabupaten Sumedang pameran dan kontes ini pun dibuka untuk umum bertempat di Graha City Center ( GCC) dekat Bunderan Binokasih Sumedang , Jawa Barat. Masyarakat di Indonesia pun antusias terhadap kegiatan ini dan sangat mendukung.

Tidak hanya itu, kegiatan yang diinisiasi Asep Eenk ini, merasa bangga bila kegiatan ini bisa dihadiri langsung oleh Radya Anom Keraton Sumedang Larang Rd. Lucky Djohari Soemawilaga dan Mahapatih Keraton Sumedang Larang, Rd. Lily Djamhur Soemawilaga , yang juga disertai wisatawan dari Guanzao China.

” Khususnya di acara ini sesuai judul dan tema Piala Mahkota Raja, saya benar merasa bangga selain para peserta dari Sabang sampai Merauke ikut serta dalam acara ini juga di hadiri oleh Radya Anom dan Mahapatih Karaton Sumedang Larang. Alhamdulillah ada visit dari Guanzao China juga menjadi semangat baru untuk saya khususnya pecinta batu akik di seluruh nusantara ini”, ujar Asep Eenk, kepada koransinarpagijuara.com, dilokasi, Sabtu (12/08/23)

Kemudian, lanjut Asep, dengan diselenggarakanya acara ini merupakan upaya untuk menjaga adat dan budaya dari nenek moyang kita pada zaman dahulu yang harus di pertahankan hingga sekarang.

Sementara itu Rd
Lily Djamhur Soemawilaga, Mahapatih Keraton Sumedang Larang pun mengatakan, ” Suatu kearifan lokal yang harus dijaga sampai saat ini selain keunikan yang ada ini, adalah warisan dari budaya leluhur kita” , tegas Rd Lily Djamhur Soemawilaga , di lokasi saat pembukaan.

Juga ketua panitia, Asep Eenk pun dalam harapanya menyatakan, ” Selain dapat mengharumkan nama baik Sumedang dan budaya yang ada , kedepanya untuk dunia batu akik khususnya, bisa bangkit lagi dengan berbagai macam motif baru dan unik lainya”, harap Asep Eenk.*****

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90