Mahasiswa KUKERTA Kelompok 8 UIN SMH Banten Gelar Edukasi Stunting di Desa Kedung Soka

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Abd.Rahman

Kabupaten Tangerang – Mahasiswa KUKERTA Kelompok 8 UIN SMH Banten mengadakan program penyusunan kelompok kerja (Pokja), sekaligus melakukan kegiatan DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting dan Edukasi Stunting) degan sasaran ibu hamil, ibu batita dan balita, serta remaja di Desa Kendung Soka, Selasa (08/08/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Kedung Soka, Sahrani bin Nawi, Mulyadi S.Pd.I, Bidan Desa, Sinta, serta Indah Saritilawah, Amd.Keb, dan Nina Prasetya Ningsih, Si.Kom sebagai narasumber.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh para mahasiswa agar dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat terutama ibu hamil dan orangtua yang memiliki anak usia 0-2 tahun terkait pencegahan Stunting.

Menurut salah satu panitia kegiatan, Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh yang disebabkan oleh kurang gizi kronis di 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) anak, yaitu sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun.

“Salah satu penyebab terjadinya Stunting adalah kurangnya pengetahuan, sehingga diperlukan edukasi yang efektif untuk mencegah terjadinya Stunting tersebut,” ujarnya.

Sementara dalam sambutannya Kepala Desa Kedung Soka, Sahrani bin Nawi mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang sudah berkontribusi dalam pelaksanaan program Edukasi Stunting, sehingga dapat mengedukasi masyarakat Desa Kedung Soka agar menambah pengetahuan mengenai pencegahan Stunting.

Selanjutnya, Indah dan Nina selaku narasumber mengatakan bahwa Stunting dapat dicegah melalui perilaku.

“Jadi kita harus merubah kebiasaan menjadi pola perilaku sehat, seperti menjaga pola makan yang sehat dan penggunaan jamban yang bersih. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan bahan makanan sekitar yang bergizi untuk pemenuhan gizi kita,” jelasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90