Destinasi Wisata Mata Air Cikandung Ramai Di Kunjungi Pengunjung, Ada Seni Di Balik Wisatanya

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Rizki Vicky Epsa

Koran Sinar Pagi, Sumedang – Membahas destinasi wisata mata air yang ada di Kabupaten Sumedang , maka tak lepas dari sati destinasi wisata yang tak asing lagi yaitu tujuan wisata Mata Air Cikandung yang terletak di Dusun Cikandung , Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka , Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Ini merupakan salah satu tempat wisata unik yang membuat penasaran pengunjung pasalnya ditempat itu selain ada wisata air juga ada magnet wisata lain yaitu seni Kuda Renggong.

Sebelum masuk pintu gerbang, pengunjung di sambut dengan sajian seni Kuda Renggong, salah satu kesenian khas Sunda tempo zaman dulu.

Selain itu dibalik indahnya destinasi wisata ini dari sejarah yang diungkap ternyata sumber mata air yang mengalir ini, awalnya dibuat kolam penampung yang berikutnya jadi kolam renang.

Awalnya dari inisiatif para pemuda dan juga tokoh masyarakat disertai warga serta bantuan dari aparat desa setempat, maka jadilah sebuah destinasi wisata yang diberi nama, Wisata Mata Air Cikandung.

” Sirkulasi mata air ini selain di tampung di sebuah kolam juga kemudian di alirkan ke sawah, dan juga sampai ke sungai Nyalindung yang berujung ke daerah Subang”, ucap Ade S, tokoh masyarakat saat dilokasi kepada koransinarpagijuara.com, Minggu, ( 6/8/2023).

Dan untuk pembuangan dari kolam sendiri, lanjut Ade, selain ke sungai juga dialirkan langsung ke pesawahan yang berada di sekitar tempat wisata,. Namun untuk limbah shampoo dan sabun kita alirkan langsung ke selokan.

Untuk jam operasional wisata ini dimulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB dengan fasilitas pendukung seperti mushola , toilet, dan untuk para pengunjung gratis.

Namun untuk fasilitas lain seperti ban karet , pelampung , bebek goes , yang berada di dalam area wisata tersebut berbayar dengan tarif dibandrol mulai dari harga Rp. 5000 – Rp. 15.000.

” Pengunjung selain wisata berenang juga bisa menikmati fasilitas tersebut dengan pengawasan dari para pengurus”, ujar Asep salah seorang petugas Fasilitas Umum kepada jurnalis.

Dengan adanya destinasi wisata Mata Air Cikandung, ini menunjukan begitu beragamnya kekayaan wisata alam di Kabupaten Sumedang.

” Banyak sekali lokasi wisata alam yang mempesona di Kabupaten Sumedang ini, contohnya destinasi Mata Air Sirah Cipelang yang ada di wilayah Kecamatan Conggeang, juga Curug Gorobog yang ada di Citengah, Sumedang Selatan”, ucap salah seorang pengunjung, Usep Jamaludin (57), warga Desa Sukagalih, Kecamatan Sumedang Selatan, yang datang bersama keluarganya.

Selanjutnya, masih kata Usep, dengan beragamnya kekayaan alam ( wisata) di Sumedang maka kita harus sepakat untuk melestarikanya.

” Destinasi wisata alam di Sumedang ini begitu banyak yang indah dan hal itu mesti dijaga keasrianya untuk memikat peningkatan kunjungan wisata ke Sumedang”, harap Usep.****

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90